Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibidang kepegawaian yang bertindak sebagai lembaga teknis membantu Bupati selaku pembina kepegawaian daerah didaerah ini. Tugas dan tanggungjawab BKD adalah pembinaan, pelayanan dan pengembangan pegawai negeri sipil daerah (PNSD). Dimana pembinaan tersebut berbanding lurus dengan upaya peningkatan kinerja aparatur Pemkab Kutim.


Bicara tentang pembinaan, BKD yang dipimpin  HM Joni saat ini kerap melakukan terobosan-terobosan positif untuk peningkatan pelayanan. Tidak hanya dari sisi eksternal tetapi juga internal. Khusus dari sisi internal BKD, HM Joni beserta jajarannya terus melakukan program-program serta upaya perbaikan managemen disemua bidang, termasuk bidang administrasi keuangan. Karena upaya yang tak kenal lelah tersebut akhirnya BKD Kutim berhasil mendapatkan sertifikat International Quality Award  atau manajemen mutu ISO 9001:2008 pada 9 Desember 2012 lalu dari The British Certification Auditors.

Diperolehnya penghargaan tersebut bukan tanpa alasan. Untuk mendapatkan penghargaan ini, Pemkab Kutim melalui BKD telah diobservasi dan menjalani tahap penilaian selama 6 bulan oleh organisasi yang berpusat di London, Inggris. Tepatnya dimulai sejak Mei 2012 dan audit 26 Nopember pada tahun yang sama.


Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Kutim pada umumnya dan BKD khususnya, sebab penghargaan ISO 9001:2008 merupakan yang diperoleh selama 13 tahun berdiri terkait sistem pengelolaan keuangan khususnya dalam sistem penggajian. Menurut Kepala BKD HM Joni hasil kerja keras dan peningkatan etos bekerja seluruh jajarannya khususnya administrasi Bagian Keuangan dan Pemkab Kutim secara keseluruhan. Dia mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi dari upaya peningkatan kepuasan aparatur dan semua mitra kerja yang dilaksanakan selama ini.


“Kami berharap penghargaan ini membuka mindset (pola pikir) dan menjadi sebuah spirit (semangat) baru bagi SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk lebih meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan. Sesuai dengan tupoksi masing-masing SKPD, sehingga masyarakat, swasta maupun aparatur yang menjadi subyek pelayanan merasa puas dan terlayani dengan sistem etos kerja yang baik,” katanya.


Joni mengatakan peningkatan profesionalisme pelayanan dan etos kerja pegawai dilakukan sebagai langkah untuk meraih posisi terdepan dalam kinerja, unggul dalam persaingan serta cekatan dalam bersinergi pelayanan. Menurut dia apa yang telah dilakukan oleh BKD selama ini hingga mendapatkan sertifikat International Quality Award  atau manajemen mutu ISO 9001:2008 sudah sesuai dengan visi dan misi instansi. Visi BKD yakni ‘Terwujudnya Sumber Daya Aparatur yang Profesional dan Berkompeten dalam Pemberian Pelayanan secara Prima Guna Peningkatan Kinerja Penyelenggaraan Pembangunan’. Sedangkan misi yang diemban yaitu pembangun citra aparatur pemerintah yang mampu menjawab tuntutan reformasi. Melakukan pendayagunaan aparatur pemerintah dalam rangka mewujudkan aparatur yang berkualitas dan profesional. Berikutnya mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkungan BKD Kutim, memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh aparat Pemkab Kutim serta menata kualitas sumber daya aparatur daerah (SDAD) di Kutim secara efektif dan efisien.


Setifikat tersebut waktu itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman di Ruang Meranti, Kantor Bupati. Penerimaan sertifikat hari itu dihadiri oleh para Kepala Dinas dan seluruh jajaran SKPD se-Kabupaten. (kmf4/bersambung)