Pemkab Kutim secara resmi membuka pendaftaran pengajuan beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswi asal Kutim. Pengajuan beasiswa stimulan Kutim Cemerlang ini dibuka sejak 17 Juni hingga 31 Juli 2013.

ASISTEN Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kutim H MUgeni mengatakan pengajuan beasiswa ini dibuka bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswi asal daerah ini. Mahasiswa yang berminat dapat memasukkan berkas permohonan beasiswa di Bagian Sosial (Bansos) Setkab.
"Pemkab Kutim buka pengajuan pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa D3 hingga S3. Mereka yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa dapat mengambil formulir beasiswa Stimulan Kutim Cemerlang  di Bagsos Setkab. Mereka akan dilayani tim beasiswa terkait proses administrasi nantinya," jelas Asisten Kesra.

Mugeni mengingatkan kepada  mahasiswa yang mengajukan beasiswa Stimulan Kutim Cemerlang, untuk menyerahkan berkas kelengkapan paling lambat 31 Juli 2013, lebih dari tanggal yang ditetapkan  tidak akan dilayani. "Berkas yang dikumpulkan harus sudah lengkap, apabila berkas yang dikumpulkan tidak lengkap dan lewat dari batas akhir, tim beasiswa berhak menolak atau tidak menerima berkas yang diajukan pemohon," tegas mantan Kepala Dinas Sosial ini.

Adapun persyaratan-persyaratan umum pengajuan beasiswa Stimulan Kutim Cemerlang antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Kutim dibuktikan dengan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) yang dilegalisir. Surat keterangan tidak mampu dari Lurah atau Kepala Desa. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bukan pula karyawan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah. Terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa, yang dibuktikan dengan melampirkan foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan surat keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi yang dilegalisir.

Kemudian menyerahkan foto copy rekening bank atas nama yang bersangkutan di Bank Kaltim (BPD), khusus bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Timur. Untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi diluar Kaltim, diminta menyerahkan foto copy rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Selain itu para mahasiswa dan mahasiswi juga harus dapat menunjukkan foto copy Kartu Hasil Studi (KHS) atau Transkip Nilai dimana telah dilegalisir di Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Kriteria Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa lama, yang berada diatas semester 3 atau Kartu Hasil Studi (KHS) bagi mahasiswa baru, yang berada dibawah semester 3. Dengan kategori kurang mampu, serendah-rendahnya IPK untuk mahasiswa D3 ialah 2,75 skala 4,00. Lalu untuk mahasiswa S1 ialah 2,75 dengan skala 4,00. Sementara untuk S2 & S3 dengan nilai 3,20 dengan skala 4,00.  
"Untuk berkas lainnya, mahasiswa yang mengajukan beasiswa diharuskan menyerahkan fotocopy izasah SD, SMP, SMA, dan untuk pengaju beasiswa S2 maupun S3 dapat menyerahkan fotocopy izasah lengkap sampai pendidikan terakhir. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar, dengan Map untuk beasiswa D3 berwarna hijau, S1 berwarna kuning, S2 warna merah dan S3 warna biru. Untu keterangan lebih lanjut, dapat ditanyakan langsung di Bagsos Setkab Kutim," jelasnya.

Asisten Kesejahteraan Rakyat berharap dengan dibukanya pengumuman pembukaan dan persyaratan pengajuan beasiswa Stimulan Kutim Cemerlang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswi asal Kutai Timur. Terlebih bagi mereka yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi namun tidak mampu, maka program ini merupakan jalan agar mereka dapat mewujudkan mimpinya menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

"Pemkab Kutim sangat perhatian dengan majunya pendidikan di wilayah ini, karena pendidikan merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Sehingga kedepan Kutim dapat sejajar dengan daerah-daerah di Pulau Jawa, sehingga  mampu menopang pembangunan dengan menekankan pendidikan sebagai kekuatan utama memajukan pembangunan daerah" yakinnya. (kmf3)