Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

11 Pejabat Dipromosikan Jadi Kepala OPD - Dilantik Bupati, Hasil Seleksi JPT Pratama Pemerintahan

Pelantikan 11 pejabat esselon 2b atau kepala OPD lingkup Pemkab Kutim oleh Bupati di Ruang Meranti.
(Foto:Irfan Humas)
 
 
 
SANGATTA- Pelantikan pejabat esselon IIb, hasil seleksi lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) yang sudah dinanti-nanti akhirnya dilaksanakan, Jumat (2/6) kemarin.
 
Sebanyak 11, dari 15 kursi lowong Kepala Dinas dan Kepala Badan yang sebelumnya di isi oleh Pelaksana Tugas (Plt), kini terisi pejabat difinitif. Pengambilan sumpah pelantikan jabatan dilakukan langsung oleh Bupati Kutim Ismunandar di Ruang Meranti, Gedung Sekretariat Kabupaten, Bukit Pelangi.
 
Para pejabat yang mendapat promosi jadi pimpinan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Sumarjana dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), setelah sebelumnya menjabat Sekretaris merangkap Pelaksana Tugas (Plt). Suroto yang sebelumnya Plt Sekretaris DPRD Kutim, kini sudah definitif. 
 
Sejumlah Sekretaris yang sejak Februari 2017 lalu menjabat Plt di OPD dan mendapat promosi menjadi Kepala OPD kali ini antara lain,  Suriansyah menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD), M Alvian sebagai Kepala Dinas Perkebunan (Disbun), Ikhsanuddin Syerpi sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Jamiatulkhair Daik sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos). Selanjutnya ada, Yusuf Samuel sebagai Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (PPR) serta AM Fitra Firnanda sebagai Kepala Dinas Permahan dan Kawasan Pemukiman (PKP), dr Bahrani menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes).
 
Sementara itu dua pejabat lain yakni Suwandi yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Sosial Sekretariat Kabupaten, mendapat promosi sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Terakhir Syahrir yang menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dilantik sebagai Kepala Dispora.
 
Pelantikan disaksikan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah, para Asisten, perwakilan orum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala OPD dan undangan lainnya. Secara umum pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji jabatan pejabat esselon IIb berlangsung lancar dan hikmat. Dilanjutkan penyerahan petikan surat keputusan pelantikan. Bupati Ismunandar menyampaikan beberapa pesan penting kepada 11 pejabat yang dilantik. 
 
Ismu, sapaan akrab Ismunandar menyebut pelantikan pejabat kali ini merupakan proses panjang oleh Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama. Tentunya sudah melalui satu proses, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.
 
"Diharapkan pejabat yang baru dilantik dapat terus bekerja mewujudkan visi Kutim yakni terwujudnya kemandirian Kutai Timur yang memiliki daya saing pada sektor agribisnis dan agroindustry, melalui program Gerbang Desa Madu (gerakan pembangunan desa mandiri dan terpadu)." harap Ismu yang mengenakan stelan jas warna hitam.
 
Ditambahkan olehnya bahwa untuk menduduki JPT Pratama tidaklah mudah dengan kondisi sekarang. Karena harus mengelola dana yang kecil, tetapi harus bisa menghasilkan yang sesuatu dampak pembangunan yang besar. Tetapi, sambung Ismu, inilah kenyataan dan tantangan yang harus dihadapi pejabat saat ini. Untuk itu Bupati sangat berharap pejabat mampu membuat dan merealisasikan target membangun dengan fokus dan tuntas. Pelantikan ini menurut Ismu merupakan awal dari perjuangan bersama mewujudkan Kutim yang sejahtera.
 
"Mari kita bangun terus kebersamaan, bina lingkungan, pada 6 bulan (mendatang) akan kita evaluasi lagi kinerja pejabat yang ada." sebut Ismu.
 
Terakhir menutup sambutannya, Ismu berharap peserta seleksi yang belum masuk tiga besar, didoakan pada seleksi JPT Pratama selanjutnya bisa masuk kandidat melalui seleksi terbuka. Sementara itu mengenai beberapa jabatan yang turut dilelang dan sudah menelurkan masing-masing tiga kandidat, namun belum dilantik, Ismu mengatakan hal tersebut masih menunggu beberapa hal. Yakni menunggu pejabat yang akan digantikan pensiun dan penyelesaian beberapa masalah administrasi. (hms3) 


Berita Terkait



Hari Pertama Lebaran, Bupati Gelar Open House Digelar Di GSG

Suasana open house tahun l...

Minggu, 3 Juli 2016 22:37:54

Dua Siswa Kutim Ikuti Persiapan IMSO

Siswa asal kutim yang meng...

Senin, 4 Juli 2016 21:29:22

Diikuti Ribuan Siswa, Semua Mau Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Polres Kutim...

Senin, 5 Desember 2016 09:03:23

Ayo Sukseskan Kutim Tuan Rumah Porprov !

Bupat...

Kamis, 29 Desember 2016 09:39:41