Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Lukisan “Silouet Monument” Pukau Pengujung PBSR Di Ambon Karya Agustin Panca Wardany Dari Kutim Nasional

Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana bersama agustin panca wardany (istimewa)
 
 
 
 
 
AMBON- Lukisan berjudul “Silouet Monument” karya pelukis asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Agustin Panca Wardany, yang dipamerkan di Taman Budaya Karang Panjang, pada pameran Seni Rupa Nasional bertajuk ”HUELE”, di kota Ambon, Provinsi Maluku Ambon sejak 11-16 September 2017 lalu, berhasil mencuri perhatian pengunjung dan masyarakat setempat. 

Apresiasi banyak disematkan oleh budayawan dan apresiator seni kepada Agustin. Banyak pelaku seni nasional turut memeriahkan acara pameran tersebut. Kapolres Ambon AKBP Sucahyo Hadi dan Dandim 1504 Ambon Letkol Inf Roynald Sumendap yang saat itu hadir juga terlihat langsung menghampiri pesona karya lukisan Agustin yang menjadi duta Kutim serta Kalimantan Timur (Kaltim).

Pada acara yang diprakarsai Dirjen Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, Kapolres dan Dandim 1504 menyatakan ketertarikannya terhadap hasil karya lukis Agustin. Menurut para pimpinan FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) ini, karya lukis Agustin dianggap sangat indah dan inspiratif. Karena bercerita tentang perjuangan Christina Martha Tiahahu, seorang tokoh pahlawan wanita asal Ambon di Maluku. Sebagai bentuk apresiasi, Agustin secara langsung diundang untuk dapat hadir sebagai Tamu Budaya pada Perayaan 2 abad Christina Martha Tiahahu pada Januari 2018 mendatang. 

"Nanti datang di prayaan 2 abad Christina Martha Tiahahu, supaya Agustin lebih dapat mengenal dan mengenang tokoh pahlawan masyarakat Ambon dan masyarakat Indonesia," terang Dandim 1504 Letkol Inf Roynald Sumendap.

Kapolres Ambon AKBP Sucahyo Hadir menambahkan dengan hadir secara langsung, berbaur dengan masyarakat Ambon pada perayaan tersebut, tentu dapat menambah inspirasi dalam mengembangkan dunia keseni rupaan, baik ditingkat Nasional maupun Global. 
Agustin mengaku merasa bangga dirinya dengan membawa serta karya seninya berkesempatan mewakili Kabupaten Kutim dan Provinsi Kaltim unjuk gigi di pameran Seni Rupa Nasional di Kota Ambon Provinsi Maluku tahun ini. 

"Saya senang dan bangga. Semoga dengan (kesempatan) ini menjadi penyemangat. Baik diri sendiri maupun kawan-kawan seni lainnya untuk terus berkarya," katanya, beberapa waktu lalu.

Kepala Taman Budaya Kaltim Drs Guntur MSi yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengaku bangga ada karya seni berupa lukisan dari Kaltim bisa memukau para pengunjung. Dia berharap apa yang telah dilakukan oleh Agustin dapat menjadi contoh dan menginspirasi generasi muda di Kaltim pada umumnya untuk terus berprestasi di bidang seni. Selain itu dia menginginkan agar motivasi dan semangat Agustin dalam mengasah bakat seni tak berhenti sampai pada event ini.

“Agustin menjadi cikal bakal generasi emas Indonesia di bidang seni, untuk itu setelah ini harus terus mengasah bakat dan mengembangkan diri,” harap Guntur yang diaminkan Agung Suroso selaku pembimbing Agustin.

Kegiatan PBSR Nasional 2017 yang berlangsung sejak 11 September dan berakhir 16 September lalu. Dibuka langsung oleh Gurbernur Maluku Ir Said Assagaff dan dihadiri Dirjen Kebudayaan Hilman Farid, Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana, lalu Kepala Taman Budaya se-Indonesia dan para budayawan serta para perupa. (hms3/hms7)



Berita Terkait



22 Siswa SMKN 2 Sangatta Langsung Bekerja di Kapal Taiwan

Para peserta...

Selasa, 18 Juli 2017 08:28:10

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi "Tenak Q" - Agar Mudah Mendata Hewan Para Peternak

KKN UGM (Ist...

Selasa, 18 Juli 2017 10:10:14

Bupati Perintahkan Satpol PP Pantau Pasar Tumpah - Untuk Cegah Hilangnya Estetika Kota

Ilustrasi (D...

Selasa, 18 Juli 2017 10:18:45

Banyak Kantor dan Hotel Tak Punya Alat Damkar - DPKP Ajukan Perbup Penyediaan Alat Pemadam kebakaran

Alat pemadam...

Selasa, 18 Juli 2017 10:36:48