Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Semarak Malam Anugerah Pariwisata Kutim - Wakaroros Jadi Identitas, Berikan Delapan Penghargaan Pariwisata

PARIWISATA KUTIM: Bunda Pariwisata Encek UR Firgasih didampingi Bupati Ismunandar saat berada di malam anugerah pariwisata Kutim gelaran BPPD Kutim. (Foto: Irfan/Humas)
 
 
 
SANGATTA-Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kutai Timur (Kutim) menggelar Malam Anugerah Pariwisata Kutim  dalam rangkaian memeriahkan HUT Kutim ke-18 di area indoor Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (10/10).Kegiatan ini menjadi salah satu cara mengapresiasi penggiat dan pelaku pariwisata lokal membangun dunia pariwisata khususnya Kutim. 
 
Bupati Ismunandar bersama istri Encek UR Firgasih yang juga baru saja dianugerahi gelar Bunda Pariwisata tampil menawan mengenakan batik wakaroros yang menjadi ciri khas atau keunikan tanpa bahan pewarna menggunakan bahan alami yakni menggunakan getah kayu ulin dengan motif sejumlah etnis dayak seperti kenyah, basap, dan sebagainya. Malam anugerah ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang bersama istri Tirah Bahar, Seskab Irawansyah, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafruddin Pernyata, dan sejumlah undangan lainnya.
 
Dalam sambutan singkatnya, bunda pariwisata Encek UR Firgasih yang juga Wakil Ketua DPRD Kutim menegaskan siap berjuang untuk mengangkat pariwisata Kutim pasalnya sejumlah anggaran dimatangkan untuk membiayai program kerja pariwisata kedepan. Encek sapaan akrabnya berterima kasih kepada anugerah yang sudah diberikan BPPD. Mengenakan kostum dan kerudung dengan batik wakaroros bermotif telapak tangan berwarna hitam Encek tampil anggun.
 
“Kutim harus menjadi Kabupaten Pariwisata, saya apresiasi kegiatan BPPD ini memompa semangat membangun pariwisata lokal. Kami akan rangkul seluruh penggiat dan pelaku pariwisata bersama-sama bekerja keras mengharumkan Kutim dengan seabrek potensi wisata lengkap semua ada tujuannya mendatangkan wisatawan nasioanal maupun internasional berkunjung,” ucapnya.
 
Encek menambahkan cukup mengapresiasi launching batik wakaroros yang menjadi ciri khas batik lokal Kutim ini menandakan ini menjadi bukti nyata gerakan mengangkat jati diri atau identitas lokal bahwa bisa menjadi salah satu oleh-oleh andalan Kutim. Sebanyak 23 model baik perempuan dan laki-laki berlenggak-lenggok di atas panggung catwalk memamerkan karya busana batik wakaroros.
 
“Saya cukup terpukau dengan penampilan adik-adik perempuan nan jelita yang menjadi model Fashion Show bisa digunakan menjadi busana pesta, kerja, maupun santai. Kedepan industri lokal menghasilkan wakaroros ini harus didukung strategi pemasarannya jika perlu dikenal hingga mancanegara,” tambahnya.
 
Sementara itu, Ketua BPPD Kutim Rustam Effendi Lubis mengatakan BPPD memberikan depalan piala penghargaan untuk berbagai pelaku dan penggiat di bidang pariwisata diantaranya anugerah penjaga kelestarian musik tradisional Kutim diberikan pada musikus Irang Awai, untuk kategori  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yaitu Desa Kabo Jaya, penggiat kebhinekaan adat budaya 2017 diberikan kepada Sayyid Abdal Nanang Al Hasani, penggiat pariwisata Kutim yaitu Rostina, pejuang batik Kutim yaitu Masniah, penjaga kelestarian tempat wisata Kutim yaitu Minggu, perusahaan peduli pariwisata Kutim PT Kaltim Prima Coal (KPC), dan komunitas penggiat pariwisata Kutim yaitu Teman Peta.
 
“Selamat kepada pemenang, ini sudah menjadi penilaian tim internal BPPD. Mereka sudah melakukan kontribusi nyata dalam perkembangan pariwisata Kutim,” tutupnya. (hms13)



Berita Terkait



22 Siswa SMKN 2 Sangatta Langsung Bekerja di Kapal Taiwan

Para peserta...

Selasa, 18 Juli 2017 08:28:10

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi "Tenak Q" - Agar Mudah Mendata Hewan Para Peternak

KKN UGM (Ist...

Selasa, 18 Juli 2017 10:10:14

Bupati Perintahkan Satpol PP Pantau Pasar Tumpah - Untuk Cegah Hilangnya Estetika Kota

Ilustrasi (D...

Selasa, 18 Juli 2017 10:18:45

Banyak Kantor dan Hotel Tak Punya Alat Damkar - DPKP Ajukan Perbup Penyediaan Alat Pemadam kebakaran

Alat pemadam...

Selasa, 18 Juli 2017 10:36:48