Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Pemerintah Berupaya Tanggulangi Angka Kemiskinan Umum & Ekonomi

Kepala BPS Achmad Yasid saat menyampaikan loparan angka kemiskinan di Kutim
 
 
 
Bupati Kirim Ismunandar mengatakan, angka kemiskinan di Kutim belakangan ini menjadi pembicaraan publik. Sebab, angkanya naik turun dan ada tren kenaikan mulai tahun 2011. Sehingga perlu bersama sama menanggulangi angka kemiskinan di Kutim ke depan

"Dua tahun kepemimpinan kami (Ismunandar-Kasmidi Bulang) mulai 17 Februari 2016 sampai 17 Februari 2018 nanti, menjadi tanggung jawab pemerintah guna menanggulangi hal tersebut," kata Ismunandar.

Dikatakan Bupati, acara  coffe morning kali ini sengaja mengundang dari BPS dan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Indomindo Mandiri, dengan maksud nantinya bisa berpartisipasi dalam menanggulangi masyarakat miskin yang ada di kutim ke depan.

Kepala BPS Kutim Achmad Yasid mengatakan,  memang angka kemiskinan mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan adany beberapa faktor, antar lain, harga bahan pokok mengalami kenaikan sedangkan daya beli masyarakat menurun. Seperti harga beras, terlur, ayam, bawang merah dan sebagainya.

Selain harga bahan pokok tadi, yang mempengaruhi angka kemiskinan adalah rokok. Sebab, warga yang rentan miskin ini cukup besar pengaruhnya. Selain itu juga non bahan pokok, seperti perumahan, listrik yang saat ini pemerintah mencabut subsidi.

"Dengan demikian karena harga bahan pokok dan lainnya naik, sehingga daya beli masyarakat menurun, ini salah satu penyebab naiknya angka kemiskinan," kata Yasid.

Guna menanggulangi angka kemiskinan  tersebut, Yasid nenyarankan agar menjaga stabilitas harga, kemudian melalui dana desa bisa menjalankan program yang produktif agar masyaraakat tak bersifat konsumtif. **


Berita Terkait



22 Siswa SMKN 2 Sangatta Langsung Bekerja di Kapal Taiwan

Para peserta...

Selasa, 18 Juli 2017 08:28:10

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi "Tenak Q" - Agar Mudah Mendata Hewan Para Peternak

KKN UGM (Ist...

Selasa, 18 Juli 2017 10:10:14

Bupati Perintahkan Satpol PP Pantau Pasar Tumpah - Untuk Cegah Hilangnya Estetika Kota

Ilustrasi (D...

Selasa, 18 Juli 2017 10:18:45

Banyak Kantor dan Hotel Tak Punya Alat Damkar - DPKP Ajukan Perbup Penyediaan Alat Pemadam kebakaran

Alat pemadam...

Selasa, 18 Juli 2017 10:36:48