Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Vaksinasi Massal Difteri Sudah Capai 23.616 warga. Sosial & Kesehatan

Vaksinasi massal Difteri di Kutai Timur di wilayah sekolah dasar (foto:fujihumas)
 
 
 
SANGATTA- Vaksinasi massal Difteri di Kutai Timur hingga hari ke 7 sudah mencapai 23.616 warga. Vaksinasi ini difokuskan di dua kecamatan Sangatta Utara dan Selatan dan menyasar anak usia 1-19 tahun. Vaksinasi dilakukan untuk melokalisir meluasnya kasus Difteri di wilayah Kutim yang ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dalam vaksinasi massal ini vaksin didistribusikan hanya melalui satu pintu melalui Dinas Kesehatan Kutim. Hal ini mengantisipasi penggunaan vaksin palsu yang kemungkinan beredar di tengah masyarakat akibat penyakit difteri ini.” Sengaja hanya melalui satu pintu agar seluruh vaksin yang digunakan di Puskesmas, sekolah-sekolah,posko kesehatan dan posyandu adalah asli. Jangan sampai masyarakat meggunakan vaksin palsu,” terang Kadis Kesehatan dr.Bahrani melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr.Yuwana Sri Kurniawati.

Lanjut Kabid Pencegahan Dinkes Kutim, Yuana Sri Kurniawati, menerangkan vaksinasi massal DPT difokuskan di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. “Kecamatan Sangatta Selatan masuk dalam program vaksinasi massal DPT ini karena dianggap merupakan wilayah terdekat dengan sumber penyebaran difteri di Sangatta Utara,” terangnya.

Dinas kesehatan Kutim menargetkan, vaksinasi massal Difteri di Sangatta Utara dan Selatan mencakupi 50 ribu orang sesuai ORI (Outbreak Response Immunization). Terhadap, Balita yang berumur di bawah 1 tahun diharapkan melengkapi vaksinasi DPT hingga tahap ketiga. Sedangkan warga yang di luar kategori ORI tersebut, bisa melakukan vaksinasi difteri di Rumah Sakit Swasta di Kota Sangatta. “Vaksinasi massal, Dinkes Kutim akan menyasar sekolah-sekolah, mulai PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas). Selain ke Puskesmas, masyarakat juga bisa mendatangi posko vaksinasi massal yang nantinya akan didirikan Dinkes Kutim. Vaksinasi akan dilaksanakan dalam tiga tahapan waktu yakni bulan Januari, Pebruari dan bulan Agustus,” bebernya.(hms4)



Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58