Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Petani Dilatih Operasikan Traktor - Agar Melek Teknologi, Majukan Sektor Pertanian Pertanian

Dinas pertanian Kutim saat melatih petani dari kelompok tani tentang bagaimana menggunakan traktor. (istimewa)
 
 
 
SANGATTA- Seperti diketahui, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki enam kecamatan yang menjadi lumbung padi, seperti Kecamatan Teluk Pandan, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, Kaubun, Kaliorang dan Kongbeng. Tentunya untuk mendukung perkembangannya alat-alat pertanian modern terus dikenalkan kepada petani.Dengan tujuan memudahkan proses bertani sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)
Berkaitan hal tersebut, Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian Kabupaten terus berusaha menambah keterampilan para petani. Agar melek teknologi, para petani dari tiga kelompok tani dilantih mengoperasikan traktor Jhon Deere. Pelatihan dilaksanakan di Simono, Sangatta Utara, belum lama ini.
 
Kepala Dinas Pertanian Sugiono melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembiayaan dan Alat Mesin Rofitqoh Istikhoroh menjelaskan, alat tersebut merupakan bantuan pusat dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (ABPN). 
 
“Ada tiga traktor yang diberikan kepada tiga kelompok tani, yakni Kelompok tani Gempita, Harapan Bersama dan Setia Jaya di Kecamatan Sangatta Selatan. Pelatihan diberikan langsung oleh teknisi,” sebutnya.
 
Diiharapkan setelah ini para petani bisa memanfaatkan alat dengan maksimal untuk kemajuan pertanian. Pelatihan dimulai pengenalan alat, fungsi, test runing hingga cara perawatannya. Ada 10 orang yang terlibat, harapannya petani dapat menularkan ilmu yang didapat kepada warga lainnya. 
 
Dia juga mengungkapkan bahwa alat yang telah diserahkan akan terus dipantau. Apakah dilapangan ada kendala fungsi maupun penggunaannya. Pemantauan dilakukan per semester oleh Distan. Jika alat tidak terpakai, bisa ditarik kembali dan diberikan ke kelompok tani lain. 
 
“Itu sudah ada dalam perjanjian serah terima barang kita," ungkapnya. (hms7)



Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58