Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Ke Kutim, Menteri ESDM Dukung Program Bupati -Tambahan Pembangunan Energi Listrik Terbaharukan Pertambangan & Energi

Foto bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan setelah meresmikan PLTU Tanjung Bara dan Excess Power serta Pabrik Pakan Ternak PT. KPC (foto : Humas Permkab) 

 

SANGATTA- Pada peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang excess power 3x18 MW dan pabrik pakan ternak PT KPC oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Bupati Kutim H Ismunandar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wabup H Kasmidi Bulang menyampaikan beberapa hal penting. Kamis (8/3/2018) siang hari itu, Ismu kepada Menteri menjelaskan bahwa dari 139 desa yang ada di Kutim, baru sekitar 42 desa yang teraliri listrik selama 24 jam. Dua desa diantaranya menggunakan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga  Surya (PLTS) di Desa Pulau Miang di Kecamatan Sangkulirang dan satu lainnya yakni Desa Tepian Terap, Kecamatan Bengalon menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).  Sedangkan 86 desa lainnya juga telah menikmati aliran listrik antara 4 jam sampai 18 jam. Ada 7 desa lagi yang masih dalam progress untuk listrik selama 24 jam. Sehubungan hal itu, Bupati berharap pada 2018 ini sudah rampung dan masyarakat bisa menikmati listrik selama 24 jam.

“Atas keberhasilan pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan di Desa Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang, akan kami ajukan lagi proposal program bantuan, kepada Pemerintah Pusat. Berupa, Pembangunan dibidang Pengembangan Energi dan Konservasi Energi di Kabupaten Kutai Timur serta proposal bantuan Pembangunan dibidang Air Tanah dan Geologi Lingkungan,” kata Ismu disampaikan Wabup diatas podium.

Menurut Bupati diresmikannya PLTS Komunal di Desa Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang sangat memberikan dampak positif. Sebab masyarakat di sana sudah bisa menikmati aliran listrik murah selama 24 jam, yang sebelumnya hanya bisa menikmati listrik 5 jam dari pukul 18.00 sampai pukul 23.00 Wita. Untuk itu diharapkan kedepan juga dapat terlaksana di daerah-daerah terpencil lainnya. Sebelumnya atas nama masyarakat Kutim, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Menteri ESDM yang meresmikan PLTU  3x18 MW yang ada di KPC, yang nantinya akan disalurkan untuk Kota Sangatta dan Kecamatan Rantau Pulung. Selanjutnya diharapkan agar 5 MW listrik bisa diarahkan, untuk melayani aliran listrik di Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi.

Disebut pula Kutim yang saat ini memiliki 18 kecamatan dan 139 desa, tetapi semua masyarakat yang ada di desa-desa dan pedalaman belum seluruhnya menikmati listrik. Namun Pemkab Kutim terus berusaha menjalin kerjasama dengan perusahaan. Agar masyarakat di desa dan pedalaman serta kawasan pesisir, bisa menikmati terangnya listrik seperti warga yang ada di kota-kota di Jawa maupun Jakarta, yang setiap hari menikmati terangnya listrik selama 24 jam. (hms3)

 

 



Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58