Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Metode Pengapuran Bisa Tingkat Produktifitas Padi Sawah - Setahun Bisa 4 Kali Panen Pertanian

SAWAH : Metode Pengapuran Bisa Perbaiki Kualitas Tanah, Sehingga Produksi Padi Sawah Bisa Maksimal
(Dok Humas)


SANGATTA - Kondisi tanah di Kutim kualitasnya masih rendah, sehingga hasil produksi  tanaman belum maksimal. Cohtohnya, Padi Sawah, Dinas Pertanian  (Distan) Kutai Timur (Kutim) menargetkan produksi padi sawah harus 7-8 ton/ha, namum untuk saat ini hanya mampu produksi 4-5 ton/ha. Hal ini disebabkan, ph tanah di Kutim 3-4, normalnya ph tanah itu 6-7 sebut Kepala Dinas Pertanian  Kutim, Sugiono .

“Sebenarnya kita hanya perlu kapur saja, ya kira-kira 1 ton per hektar, untuk mengurangi kandungan kandungan besi didalam tanah. Dengan pemberian kapur ini, maka petani bisa melakukan penanaman 4  kali dalam setahun, jika biasanya hanya 2 kali panen dalam setahun. Kita punya ilmunya namun masih terkendala dengan anggaran karena defisit, namun kedepan kita (Distan) akan mencoba berkolaborasi dengan Forum CSR yang ada di Kutim,” ungkap Sugiono.

Menurut Sugiono potensi lahan padi sawah di Kutim ini 7000 hektar, jadi memerlukan 7000 ton kapur untuk bisa mendekatan target yang kita ingin, yaitu 7-8 ton per hektar. Ditakutkan jika hasil produksi hanya 4-5 ton /ha terus-menerus maka dikawatirkan lahan sawah akan beralih fungsi menjadi lahan sawit.

Lanjutnya, untuk  kapur sendiri di Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng, tepatnya di daerah HTI memiliki potensi kapur yang cukup baik, karena terdapat batu gamping, jika bisa dikelola oleh mereka akan mampu mengurangi  biaya untuk membeli kapur. “ Sehingga bisa memperbaiki kondisi tanahnya, karena jika hanya mengandalkan padi gunung, lahannya ditahun ke tiga sudah tidak mampu memberikan hasil yang memuaskan, dan pada akhirnya akan beralih menjadi lahan sawit,”harapnya. (hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58