Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Kutim Tuan Rumah Rakor Indakop UMKM - 266 Peserta Se-Kaltim Tampilkan Produk Unggulan Kutai Timur

PRODUK UNGGULAN: Bupati Ismunandar tengah melihat aneka produk UMKM hasil olahan peserta dalam rapat koordinasi sektor Indagkop dan UMKM. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim HM Yadi Robyan Noor. (Foto: Irfan/humas)



SANGATTA- Untuk kesekian kalinya Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Khusus kali ini Kutim ditunjuk menjadi tuan rumah rapat koordinasi penyusunan program kegiatan sektor industri, perdagangan, koperasi (Indagkop) dan UMKM. Rapat ini mulai dilaksanakan sejak Selasa (13/3/2018). Sembilan Kabupaten/Kota se-Kaltim mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan Kaltim Maju 2018-2019 ini. 

Tampak Bupati H Ismunandar, Wabup H Kasmidi Bulang, jajaran pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kadisperindagkop Kaltim Fuad Assadin, Staf Ahli Gubernur Kaltim, Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, HM Yadi Robyan Noor, Kadisperindag Kutim Edward Azran dan para utusan Kadisperindag Kabupaten/Kota hadir di Ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten.

Pada acara yang bertujuan merumuskan program selama setahun dan dirangkai dengan dialog dari narasumber kompeten berikut pameran produk UMKM kali ini Bupati menyampaikan beberapa hal sebagai harapan.

Malam itu Ismu mengharapkan dalam rapat koordinasi ini tercipta produk unggulan setiap masing-masing kabupeten/kota. Sehingga tidak ada tumpang tindih dan tentunya hasilnya mengembangkan potensi setiap daerah. Kutim khususnya punya produk andalan yaitu Batik Wakaroros asal Dayak Basap pesisir yang menjadi andalan.

“Ya tentunya dari hasil rapat koordinasi ini bisa merumuskan program per cluster, khususnya industri koperasi dan perdagangan yang terpenting bagaimana mengolah industri sesuai dengan sumber daya alam yang ada,” jelasnya.

Ismu juga menambahkan peran sektor industri dari hulu ke hilir juga menjadi prioritas produk unggulan Kutim. Pertama harus mengenalkan Kutim, sebagai salah  satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) lebih mendorong percepatan ekonomi. 

“Terbaru ada perusahaan yang berminat mengembangkan KEK membangun industri hilir ke CPU kelapa sawit dengan nilai Rp 300 Miliar. Ini sebagai pendorong bagaimana kita suporting Pemprov Kaltim dengan meningkatkan sektor industri, kita wajib menangkap peluang ini,” tutupnya

Sementara itu Kadisperidagkop dan UMKM Kaltim Fuad Assadin mengatakan tahun ini rapat koordinasi digelar di Sangatta, Kutim yang bertindak sebagai tuan rumah. Sebelumnya di Bontang pada 2017. Kegiatan ditujukan dalam mensinkronkan program Pusat ke Provinsi hingga ke daerah menjadi satu kesatuan.

“Sasaran kita dalam penyampaian kegiatan ini yaitu program Tahun 2018 menggunakan alokasi dana bersumber dari APBN, Provinsi, dan Kabupten/Kota termasuk di 2019,” jelasnya.

Fuad menambahkan sebanyak 266 peserta terlibat dalam kegiatan ini mulai dari Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), Bontang, Penajam Paser Utara, Kutai Timur (Kutim), Berau, Paser, dan Kutai Barat (Kubar). Minus Mahakam Ulu (Mahulu) yang berhalangan hadir. Mereka berasal dari para tim disperindakop, pelaku UMKM, dan masyarakat ekonomi. Narasumber menghadirkan tokoh ekonom Sofyan dari Universitas Mulawarman (Unmul).

“Mekanisme kegiatan yaitu mulai dari welcome party dilanjutkan pemaparan dan desk lalu penyusunan hasil desk, dan evaluasi rapat kerja. Hari terakhir ada fam trip ke sentra koperasi, UKM batik, dan old sabara (pusat oleh oleh Sangatta binaan PT KPC) dilanjutkan dengan rekreasi menuju telaga batu arang,” terangnya. (hms13)


Berita Terkait



Danlanal Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 72

Danlanal San...

Senin, 13 November 2017 11:01:50

Gemar Belajar Kitab Kuning - Siti Aisyah Sabet Juara 2 Nasional MQK

Bupati Ismun...

Kamis, 25 Januari 2018 14:57:04

Camat dan Kades Peroleh Pencerahan DBH

Bupati dan W...

Sabtu, 27 Januari 2018 18:48:09

Kutim Tuan Rumah Rakor Indakop UMKM - 266 Peserta Se-Kaltim Tampilkan Produk Unggulan

PRODUK UNGGU...

Rabu, 14 Maret 2018 10:20:27