Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Baznas Kutim Salurkan Bantuan Total Rp 90 Juta - Untuk Pelaku UKM dan Biaya Pendidikan Pelajar Keagamaan

Penyerahan bantuan Baznas untuk UKM dan pelajar. (Ist)



SANGATTA- Kurang lebih 30 pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan 15 pelajar SD hingga SMA masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutai Timur (Kutim), Selasa (24/4/2018). 

Bantuan dimaksud merupakan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah untuk bantuan modal UKM dan biaya pendidikan dua kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Selatan. Sebesar Rp 90 juta diserahkan pada Program Kutim Sejahtera dan Kutim Cerdas kali ini. Penyerahan dilakukan di halaman kantor Baznas Kuyim, Jalan Karya Etam, disaksikan sejumlah pejabat lingkup Pemkab dan Kemenag Kutim.

Kepala Baznas Kutim, Harun Rasyid menyebut banyak proposal yang masuk ke baznas. Namun penerimanya perlu di survey agar penyaluran tepat sasaran.

"Jangan sampai yang menerima tidak sesuai dengan kreteria yang ditetapkan. Penerima harus yang memang benar-benar membutuhkan," harapnya.

Dijelaskan penerima bantuan merupakan hasil temuan di lapangan maupun dari beberapa orang yang memang mendaftar ke Baznas. Harun berharap, bantuan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan titipan yang harus digunakan mengembangkan usahanya. Agar kemudian bisa membantu para pelaku usaha lainnya. Sehingga pada akhirnya dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) ke Baznas kembali.

Sebagai informasi tambahan, Harun mengatakan ZIS yang berhasil dikumpulkan oleh pihaknya sampai dengan April ini, jumlahnya mencapai Rp 1,5 milyar. Terkumpul dari berbagai sumber. Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kutim yang setiap bulannya menyumbang kurang lebih Rp 35 juta merupakan penyalur terbanyak.

Tak hanya itu program Jum’at Bersedekah, yang digagas untuk para pelajar, sampai saat ini masih berjalan 50 persen. Sebab baru 8 sekolah yang menjalankan. 

"Program tersebut sangat bermanfaat, meski jumlahnya tidak banyak. Jika saja dari setiap pelajar di seluruh sekolah di Kutai Timur, menyedekahkan Rp 1000 saja setiap Jum’at-nya, maka yang terkumpul akan banyak. Dapat membantu para pelajar lain yang kurang beruntung karena kekurangan biaya untuk bersekolah," tambah Kepala UPT Baznas Sangatta Utara, Suyatno yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. (hms3)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58