Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Dinkes Undang Pengelola Program PTM Se-Kutim - Bahas Upaya Menurunkan Prevalensi PPTM Sosial & Kesehatan

Pertemuan teknis pengelola program penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa Puskesmas se-Kabupaten Kutim 2018 di Q Hotel. (ist)



SANGATTA- Untuk mencegah dan mengendalikan sekaligus menurunkan prevalensi penyakit tidak menular (PTM) yang saat ini angkanya makin meningkat, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui leading sector bidang kesehatan, yakni Dinas Kesehatan memprakarsai pertemuan teknis pengelola program penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa Puskesmas se-Kabupaten Kutim 2018. Pertemuan tersebut digelar di Q Hotel, Sangatta Utara sejak 1-5 Mei nanti.

“Tujuan utama dari program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PPTM) tentu saja mencegah, mengendalikan serta menurunkan prevalensi PTM,” sebut Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani melalui Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) dr Yuwana Sri Kurniawati.

Kenapa PTM harus dicegah dan dikendalikan? Sebab, kata Bahrani dalam sambutan tertulisnya, angka PTM saat ini semakin meningkat. Seiring dengan perubahan pola konsumsi dan pola hidup masyarakat yang tidak sehat. Kemudian memicu peningkatan factor resioko terjadinya PTM. Akibat peningkatan prevalensi PTM, berdampak terhadap peningkatan beban pembiayaan kesehatan yang ditanggung Negara dan masyarakat. Penyandang PTM memerlukan biaya relative mahal terlebih bila kondisi penderita berkembang semakin lama atau menahun dan terjadi komplikasi hingga kondisi disabilitas.

Diluar sambutan Kadinkes, Yuwana mengatakan kegiatan teknis ini diikuti oleh petugas  pemegang program PPTM dan Keswa Puskesmas se-Kutim dan dokter klinik Setkab berjumlah 24 orang. Menghadirkan nara sumber dari Dinkesprov Kaltim drg Rokhmad, Dinkes Kutim yakni ia sendiri dan dr Wilson SpPD MARS dari RSUD Kudungga Sangatta. (hms3)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58