Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Balitbang Bukan Pesaing OPD Pemerintahan

Kepala Balitbag Zubair saat menjelaskan Integrasi sistem antr sektor (syahid humas)
 
 
SANGATTA- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kutim saat ini masih belum terpadu dengan lintas sektor hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Untuk itu sebagai solusi, diharapkan lahir Peraturan Bupati (Perbup) yang akan menjadi dasar penerapan.

Kepala Balitbangda Kutim Zubair menjelaskan pengintegrasian sistem bertujuan mempertegas dan mengarahkan pemahaman tiap OPD terkait domain kelitbangan. Mulai bentuk kegiatan hingga pengganggaran.

"Apapun bentuk kegiatannya, seperti studi kajian, penelitian hendaknya dikembalikan ke litbag," terang Zubair pada pertemuan dengan stakeholder terkait rancangan proyek perubahan pengembangan sistem pengintergrasian penelitian dan pengembangan Pemkab Kutim yang berlangsung di Ruang Damar, Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Selasa (15/5/2018).

Zubair menegaskan, litbang bukalah kompetitor dari OPD. Melainkan instansi pendukung yang bertugas memberikan rekomendasi. Terkait kendala yang dihadapi saat penyelenggaraan program, yang tertuang seperti dalam RPJMD. Agar tercapai tujuan bersama yakni menyejahterakan masyarakat.

"Kami memberikan rekomendasi yang bisa dipertanggung jawabkan. Karena semua telah dibuatkan melalui kajian, tinggal dilaksanakan," beber mantan Sekretaris Bappeda Kutim tersebut.

Dia mengungkapkan, Balitbangda telah melakukan banyak kajian yang dapat digunakan sebagai solusi dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Hasil kajian dan rekomendasi Balitbangda juga dapat dijalankan oleh tiap OPD berdasarkan tugas serta fungsinya.

"Sebagai contoh, di Desa Benua Baru Ulu Kecamatan Muara Bengkal telah dibuat perekayasaan teknologi air bersih berbasis masyarakat, ini bisa dimanfaatksn PDAM. Lalu ada perekayasaan teknologi pengering gabah bisa diadopsi Dinas Pertanian," terangnya.

Sebelumnya, Bupati Kutim H Ismunandar, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Oesman berharap agar peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan hingga akhir. Sehingga mendapatkan hasil yang bisa di implementasikan.

"Ikuti dengan seksama, hingga mendapatkan hasil atau rumusan," pintanya di hadapan peserta dan  pimpinan OPD di lingkup Pemkab Kutim. (hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58