Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

PKK Kutim Studi Tiru UP2K Ke Bontang

Foto bersama TP PKK Kutim dengan TP PKK Bontang di depan gedung PKK Bontang. (Rusli humas)



BONTANG- Keberhasilan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bontang di level nasional dalam administrasi pengelolaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), mennadi alasan utama TP PKK Kutim untuk berkunjung dan melakukan studi tiru. Dijelaskan, tujuan dari kunjungan ini adalah studi pembelajaran administrasi UP2K dan Koperasi.

Kunjungan pembelajaran ke “Kota Taman” kali ini dipimpin Wakil Ketua II TP PKK Kutim Aisah HD. Melibatkan Kelompok Kerja (Pokja) II Kecamatan se-Kutim dan perwakilan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Sangatta Utara dan Selatan. Turut hadir Camat Sangatta Utara Basuni, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Camat Long Mesangat Emanuel Eng, perwakilan sekretariat TP PKK Kutim Herliyana, Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Tatiana.

“Kita ingin belajar dan melihat kiat-kiat dalam visi-misi dari UP2K yang ada di Pokja II  TP PKK Kota Bontang. Mengapa kita (PKK Kutim) memilih Kota Bontang sebagi studi tiru karena kita melihat programnya bagus sekali tertata dan terarah serta UP2K Kota Bontang telah banyak meraih prestasi baik tingkat Prorvinsi maupun Nasional,” ujar Aisyah, Selasa (15/5/2018) kemarin.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Bontang Kresty Managkoda yang memimpin penyambutan tersebut mengungkapkan bahwa kunjungan Kutim kali ini merupakan sebuah momentum yang luar biasa. 

“Momentum ini merupakan hal yang baik dan sangat emosional untuk kedua TP PKK bertukar pengalaman serta menjalin silaturahmi antar tetangga. Pertemuan ini diharapkan bukan hanya kali ini saja, tetapi bisa berlanjut di masa mendatang,” harap Kresty.

Diwawancara terpisah, Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Encek UR Firgasih yang berhalangan ikut mengaku sangat menyambut baik kegiatan dimaksud. 

"Selaku Ketua TP PKK Kutim, saya sangat mendukung kegiatan peningkatkan UMKM yang ada di Kutim melalui TP PKK Pokja II. Keberhasilan Pokja II TP PKK  Kota Bontang  di level nasional dalam administrasi pengelolaan UP2K  patut dicontoh ," ucap Firga sapaan akrab Ketua TP PKK Kutim. 

Lebih lanjut Firga berharap, kepengurusan TP PKK Kutim untuk terus membina pelaku UKM Kutim dalam hal pengolahan rasanya, kualitas, kemasan dan produk olahan dapat menjadi lebih baik lagi. Serta mendapat status kelayakan oleh badan pengawas obat dan makanan dari dinas kesehatan. PKK adalah mitra pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan hasil produk UMKM yang berkualitas serta menyediakan pasarnya. Dalam waktu dekat pemerintahan bekerjasama dengan TP PKK  Kutim akan segera membangun wadah untuk menampung semua hasil produk UP2K yang ada di Kutim. Yakni gedung Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) yang ada di Pasar Induk Sangatta.

Ketua Pokja II TP PKK Kutim Tatiana mengatakan studi tiru dilakukan agar lebih memahami bagaimana berbisnis dengan baik sehingga produk yang ditawarkan bisa laku di pasaran.

“Jujur saja masih banyak kecamatan yang kadang tidak tau apakah UP2K yang dimiliki sudah berjalan dengan baik atau tidak, dengan kunjungan ini akhirnya TP PKK kecamatan khusnya Pokja II bertambah wawasannya,” ucap Tatiana. “Dengan pembelajaran ini akan membuka pola pikir khususnya PKK Kecamatan, PKK Desa dan para pelaku usaha mikro, kecil,dan menengah dapat memahami hal-hal apa saja yang harus mereka lakukan. Dengan melihat ini mereka akan punya gambaran dan nanti melalui koperasi PKK akan membantu sehingga nilai jual produk-produk masyarkat lebih terjangkau,” tambahnya. (hms11)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58