Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

OPD Perlu Berkinerja Maksimal Untuk Lampaui Target Kutai Timur

Musyaffa (foto:wakhedirhumas)



SANGATTA- Walaupun belum semua Organisasi perangkat Daerah (OPD) berkinerja maksimal meningkatkan pendapatan daerah melalui penarikan retribusi, namun jumlah persentase penerimaan asli daerah (PAD) melalui sector ini memperlihatkan progress positif.

“Alhamdulillah realisasi penerimaan dari retribusi daerah sudah mencapai 46,74 persen hingga akhir April 2018 ini,” jelas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Musyaffa, belum lama ini.

Target awal penerimaan dari retribusi adalah Rp 5,4 miliar dan saat ini sudah terealiasi sebesar Rp 2,5 miliar. Pemasukan daerah paling besar didapat dari retribusi jasa umum yang penerimaannya hingga akhir bulan empat lalu berhasil mendapai angkat Rp 1,8 miliar. Yakni 57,52 persen dari target awal sebesar Rp 3,1 miliar. Retribusi jasa umum meliputi pelayanan kesehatan, pelayanan persampahan atau kebersihan, pelayanan pasar, pengujian kendaraan bermotor, pemeriksaan alat pemadam kebakaran, serta biaya cetak peta.

Selanjutnya dari sector retribusi jasa usaha, berhasil dikumpulkan sebesar Rp 433,7 juta atau 33 persen dari target awal yakni Rp 1,3 miliar. Retribusi ini didapat dari penarikan pemakaian kekayaan daerah, pemakaian kekayaan daerah berupa Menara telekomunikasi, retribusi terminal, tempat khusus parkir, rumah potong hewan, serta pelayanan kepelabuhan.

“Sementara untuk retribusi perizinan tertentu baru terealisasi 29,6 persen. Yakni sebesar Rp 283 juta dari target awal Rp 955 juta,” sebut Musyaffa lagi.

Retribusi perizinan tertentu didapat dari izin mendirikan bangunan (IMB), izin gangguan serta izin trayek. Kendati sudah berada dijalu yang benar dalam penerimaan retribusi daerah, namun upaya untuk meningkatkan target realisasi dapat lebih dimaksimalkan oleh masing-masing OPD. Untuk itu dengan waktu tersisa beberapa bulan kedepan, Musyaffa berharap seluruh OPD terkait penarikan retribusi daerah dapat meningkatkan kinerjanya masing-masing. Seperti Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi Informatika Pesandian dan Statistik, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Berikutnya Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas PTSP dan PMD, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup serta BPKAD. 

“Untuk merealisasikan jumlah retribusi melebihi target, semua tergantung kinerja OPD terkait yang menjadi leading sector dan memiliki kewenangan dalam menarik retribusi daerah,” tutup Musyaffa. (hms3)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58