Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Masih Ada 36 Desa Belum Terima Dana Desa Kutai Timur

REGULASI BARU: Kepala DPMD Suwandi menjelaskan beberapa kendala terkait pencairan Dana Desa (DD) di Coffee Morning pertama Bulan Juni. (Foto: Wak Hedir/humas)



SANGATTA-Masalah pencairan Dana Desa (DD) 2018 Tahap 1 ternyata belum semuanya terakomodir. Pasalnya dari 93 desa yang berada di Kutai Timur (Kutim), baru 3 desa yang telah mendapatkan pencairan 100 persen. 

Seperti dikatakan Kepala Dinas Pemberbedayaan Masyarakat Desa (PMD) Suwandi bahwa ada desa mengalami kendala untuk menyelesaikan proses administrasi pencairan. Hal ini disebabkan oleh kebijakan baru dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, tentang pekerjaan pembangunan fisiknya yang diharuskan atau diwajibkan minimal 30 persen hari orang kerja (HOK).

Regulasi baru inilah yang membuat proses pencairan terhambat dan desa merasa kebingungan. Sebelumnya, hanya dilakukan secara swakelola atau tak ada ketentuan persen dalam setiap pekerjaan. Kali ini berbeda.

“Ada sekitar 36 desa belum dicairkan tahap pertama, minggu ke 3 akan cair di tahap pertama, sementara yang sudah cair 100 persen adalah Teluk Pandan, Busang, Long Mesangat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ismunandar mengintruksikan untuk Kepala OPD terkait maupun kecamatan, untuk segera membantu pelaksanaan percepatan pencairan DD dan ADD. 

“Semuanya yang bersangkutan, tolong segera diselesaikan untuk membantu pencairan,” pinta Ismu.

Diketahui dari hasil tersebut, beberapa desa sudah berhasil menyelesaikan administrasinya. Diantaranya Desa Kandolo dan Batu Lepoq. Sampai saat ini sudah ada 50 desa yang telah menerima pencairan DD.(hms13)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58