Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Cegah Rabies UPT Keswan Bengalon Gelar Vaksinasi Kutai Timur

Kegiatan Vaksinasi Hewan oleh UPT Bengalon
 
 

SANGATTA-Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) di Kecamatan Bengalon melakukan vaksinasi rabies untuk beberapa jenis hewan peliharaan yang bertaring seperti  kucing, anjing dan kera, dan vaksin jembrana untuk sapi beberapa waktu lalu.

Vaksinasi  dilakukan di sejumlah lokasi, diantaranya Desa Tepian Baru, kemudian Tepian Indah Kecamatan Bengalon. Vaksinasi kali ini, turut melibatkan para kepala desa setempat, camat serta UPT Puskesmas Desa Tepian Baru.

Kepala Keswan drh. Cut Meutia melalui Kasubag tata usaha Muhammad Rifai menjelaskan tujuan vaksinasi kali agar tidak timbul gejala rabies pada hewan bertaring serta meminimalisir penularan rabies ke manusia. 

“Ini cara yang paling ampuh untuk memutus mata rantai penularan rabies ke manusia. Selama ini anjing memang menjadi salah satu hewan penular rabies (HPR) selain kucing dank era.Kegiatan ini juga untuk mencegah pzoonosa ( infeksi yang ditularkan diantara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya). Rabies diteruskan ke manusia dari hewan yang terinfeksi dan hampir semuanya berakibat fatal,” jelas Rifai.

Selain itu, dia menambahkan vaksinasi juga diberikan kepada peternak sapi guna mencegah penyakit jembrana atau kering darah yang dapat menular dan menyebabkan kematian pada sapi dan ditargetkan sapi di Bengalon bebas penyakit jembrana.

"Harapannya seluruh desa di Bengalon bisa dilaksankan vaksinasi.Target awal di dua desa ini sebanyak 100 ekor dan untuk jembrana 50 ekor sapi. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dengan dukungan semoga elemen masyarakat. Kami merasa terbantu atas kerjasama dan dukungan jajaran di kecamatan dan desa,” ungkapnya.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58