Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Wabup Sidak Pasar Induk - Kroscek Tidak Ada Lonjakan Harga Jelang Lebaran Kutai Timur

TURUN KEPASAR: Wabup Kasmidi melihat kebutuhan stok ayam di Pasar Induk Sangatta menghadapi Lebaran. (Foto: Irfan/humas)
 
 

SANGATTA-Memasuki H-9 jelang Hari Raya Idulfitri 1439 H, Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) memimpin pantauan harga sembako terutama di Pasar Induk Sangatta didampingi Kadisperindag Edward Azran. Inspeksi mendadak (sidak) ini untuk mengetahui lebih jelas harga terbaru yang dibanderol pedagang apakah menaikkan harga atau normal, Rabu (6/6).

Dalam sidak ini, Wabup langsung berdialog dengan sejumlah pedagang. Dari hasil komunikasi diantaranya pedagang ayam, telur, beras, lombok, dan bawang putih harganya masih stabil. Artinya kebutuhan pokok masyarakat untuk Lebaran cukup tersedia dan tidak terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan.

“Sidak pasar ini berkaitan dengan persiapan stok bahan pokok menghadapi Lebaran, dari beberapa yang sudah kami pantau tadi dari agen dan distributor, stok sampai nanti Hari-H tidak ada permasalahan, tadi kita juga langsung meninjau pengecer, harga pun memang ada yang bervariasi namun ada kenaikan harga tapi tidak terlalu tinggi,” kata Wabup.

Lebih lanjut Kasmidi menambahkan, untuk harga bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan telur sampai saat ini belum terjadi lonjakan harga yang sangat signifikan.

“Untuk sembilan bahan pokok, harga di tingkat distributor tidak terjadi kenaikan harga, intinya distributor tidak pernah menaikan harga. Pengecer ini yang perlu kita evaluasi. Untuk beras tadi kan beda-beda. Ada premium, medium dan ekonomi, sesuai kelas-kelasnya, tadi di distributor harganya perkilogramnya Rp 11.600 itu yang kualitas Premium,” terang Wabup

Lebih lanjut Kasmidi menyampaikan, sidak kali ini selain untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan dan perubahan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari raya, juga untuk memantau peredaran produk yang rusak dan kadaluarsa. Tidak hanya itu kedepan ada agenda melakukan evaluasi dan menertibkan keberadaan pasar tumpah di Jalan Yos Sudarso yang semrawut berada di trotoar membuat kumuh dalam waktu dekat ini menggelar rapat koordinasi.

“Adanya pasar tumpah dijalan jalan akan kita tertibkan. Perlahan lahan kita lakukan baik baik tidak sporadis. Pasar dadakan harus tertib membuat Jalan Yos Sudarso indah. Silahkan mencari rezeki namun pada tempatnya. Di rapat nanti kami ingin mengakomodir pedagang bisa berjualan di Pasar Induk Sangatta,” tegasnya.

Sementara itu, Nurmiati salah satu pedagang di Pasar Induk Sangatta yang menjual bahan pokok rumah tangga mengaku harga komoditas seperti bawang  merah dan bawang putih justru mengalami penurunan harga dibanding awal Ramadhan kemarin.

“Bawang merah dan bawang putih masih masih di kisaran harga normal, malah sekarang harganya turun, awalnya 35 per kilogram sekarang turun menjadi 32 per kilogram karena banyaknya stok yang masuk di Sangatta makanya harganya turun,” tutup Nurmiati. (hms13)


Berita Terkait



Tiba Di Makkah, Wabup Sambangi Calhaj Kutim - Berharap Rangkaian Ibadah Haji Lancar

Wabup Kasmid...

Selasa, 29 Agustus 2017 12:04:22

Kasmidi : Waspada Potensi Disintegrasi Bangsa

Foto bersama...

Rabu, 4 Oktober 2017 12:53:28

Temui Warga,Wabup Lesehan di Halaman Kantor Bupati

KEBER...

Selasa, 24 Oktober 2017 09:21:58

Fraksi Golkar Beberkan Pandangan Terkait 4 Raperda OPD di Minta Pro Aktif

USULA...

Jumat, 17 November 2017 09:54:04