Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Koramil 0909-01-Sangatta Bangun 49 Jamban Kutai Timur

Anggota Babinsa saat membuat jamban untuk masyarakat Kecamatan Teluk Pandan (Istimewa)
 
 
 
 
SANGATTA-Koramil 0909-01/Sangatta  telah menyelesaikan 49 unit jamban untuk masyarakat. Hal ini merupakan bentuk kepekaan dan kepeduliansosial TNI di masyarakat serta mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh warga.

Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha melalui Danramil 0909-01/Sangatta Kapten Inf Arif S. mengatakan kegiatan ini merupakan program Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (GEMA SANG JUARA). Tahun 2017 telah dirampungkan 69 unit di Kecamatan Teluk Pandan yang tersebar di sejumlah desa.

"Alhamulillah di semester pertama tahun ini kita telah merampungkan kegiatan Karya Bhakti ini. Lokasi dilakukan di Desa Danau Redan Kecamatan Teluk Pandan," jelas Kapten Inf Arif beberapa waktu lalu. 

Dia menambahkan, seluruh anggaran murni dari TNI dengan menggandeng  Dinas Kesehatan Bidang Sanitasi. Sedangkan untuk sosialisasi pentingnya miliki jamban di setiap rumah serta warga yang berhak mendapatkan jamban, TNI mengajak serta perangkat desa.

"Sasarannya adalah kelaurga yang tidak memiliki jamban. Karena selama ini mereka membuang hajat dengan cara menggali di tanah atau ke sungai. Sebelum pembuatan jamban, terlebih dahulu Dinas Kesehatan mengedukasi pentingnya jamban bagi kesehatan,"ungkapnya.

Kapten Inf Arif juga menjelaskan Karya Bhakti ini menjadi media dalam berkomunikasi dalam mewujudkan kemanunggalan antara TNI - Rakyat. Menjalin hubungan yang positif untuk mengoptimalkan pembinaan teritorial.

Seperti diketahui, wilayah kerja Koramil 0909-01 Sangatta meliputi empat Kecamatan yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Teluk Pandan. Terjun ke tengah-tengah masyarakat seperti ini sangat penting agar para anggota TNI, khususnya Babinsa dapat lebih mengenal kondisi wilayah lingkungan masing-masing.

"Kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga sebagai bentuk implementasi komitmen TNI dalam membangun bangsa," ujarnya.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58