Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Pembukaan Mubes Lekan Maran Sukses Pariwisata

Fredrik Bid Saat Diwawancarai usai Membuka Mubes Lekan Maran Kaltim -Kaltara (Wak Hedir/Humas)




SANGATTA - Musyawarah Besar (MUBES) Lekan Maran Suku Dayak Kayan Se-Kalimatan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berjalan lancar, Senin (11/6/2018) di Lapangan Sepak Bola Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kaltim. Mubes Lekan Maran tahun 2018 ini dibuka secara resmi oleh kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Kaltim Fredrik Bid, mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang berhalangan hadir. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bulangan Yansen TP, Ketua Kerukunan Kayan Kaltim-Kaltara Dr Liet Ingai M.Si, Anggotta DPRD Kutim Arang Jau, Ketua Persatuan Dayak Kutai Timur (PDKT) Ayub Bit, Camat Kongbeng Irang Ajang, Danramil Muara Wahau, Kapolsek Kongbeng, Kasi Pemerintah Kecamatan Kongbeg Uleh Juk serta undangan lainnya. 


Dalam kesempatan itu Frederik Bid mengatakan, Mubes ini adalah kesempatan yang baik untuk bertemu satu dengan yang lain serta meningkatkan tali silahturahmi antar suku dayak kayan yang telah tersebar kemana-mana.

"Sebagai wadah kita untuk mengetahui sejarah-sejarah suku dayak kayan, yang dulunya dari Apau Kayan dan sekarang sudah terpencar kamana-mana," ungkap Fredrik. 


Lebih lanjut Fredrik Bid mengatakan, Mubes Lekan Maran yang ke 3 ini, sebagai cambuk untuk kita suku dayak kayan menggelorahkan semangat. Baik semangat ekomoni, pertanian, peternakan, pendidikan dan kesehatan. 

"Disamping itu, kita harus tingkat budaya gotong royong, sebagai kebiasaan nenek moyang kita dahulu. Karena orang yang bisa maju, adalah orang - orang yang tidak meningkatkan kegotong royongannya, " ucap Frederik.


Sementara itu Ketua Kerukunan Kayan Liet Ingai mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Desa Miau Baru yang telah menjadi tuan rumah kali ini, sehingga acara Mubes Lekan Maran 2018 dapat terselenggara.


Rangkaian acara pembukaan disi dengan berbagai kegiatan seni budaya yang dipusatlan di Lapangan Sepak Bola Desa Miau Baru. Kegiatan diantaranya pawai budaya, atraksi musik dengan alat musil kulintang, sape kayan dan gong. Persembahan tarian kolosal yang menceritakan suku dayak kayan dan tarian hifan lakeq kayan himpunan pemuda pelestari budaya desa Miau Baru. (hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58