Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Enam Kecamatan Bersaing Rebut Gelar Terbaik Masyarakat Ber-PHBS Kutai Timur

Suasana penilaian lomba PHBS di Kecamatan Sangatta Utara (Rusliansyah)
 


SANGATTA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)  dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutim kembali melaksanaan penilain masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dari hasil verifikasi profil yang dikirim oleh beberapa kecamatan yang ada di Kutim, terdapat enam kecamatan yang memenuhi syarat dan lolos untuk dilakukan penilaian lebih lanjut diantaranya adalah Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Kongbeng, Long Mesangat, Muara Ancalong dan Kecamatan Rantau Pulung.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau pribadi dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. 

Ketua tim penilai lomba PHBS tingkat Kutim Siti Fatimah yang juga sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kutim dan Ketua Pokja IV TP PKK Kutim menjelaskan bahwa dari semua kecamatan yang telah diverifikasi dan seleksi berkas akhirnya ada enam profil yang lolos.

“Adapun keriteria dalam penilaian yakni ada input, proses dan output. Dari input itu ada kebijakan yang terkait dengan masyarakat ber-PHBS, proses adalah bagaimana berjalannya PHBS dalam keseharian masyarakat, apakah ada kendala seperti sikap masyarakat di suatu kecamatan dan desa sedangkan output, bagaimana masyarakat menjadi lebih sadar ber-PHBS dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Fatimah.

Fatimah menjelaskan, dukungan dari pemerintah kecamatan, desa, perusahaan setempat dan swadaya masyarakat itu sendiri yang berperan aktif untuk melaksanakan PHBS di lingkungannya dan ini akan menjadi nilai plus.

Lebih lanjut Fatimah mengatakan bahwa PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang gizi makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan. 

Untuk diketahui dari pemenang PHBS tingkat kabupaten nantinya akan mewakili Kutim untuk mengikuti lomba PHBS ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur. (hms11)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58