Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Akhir Juli Laporan DD Tahap II Harus Tuntas - Irawansyah : Seluruh Kades Harus Kerja Extra Pemerintahan

Kepala DPMD Kutai Timur H Suwandi,SE. saat melaporkan progres pencairan DD di Coffee Morning. (Rusliansyah)
 


SANGATTA-  Laporan  Pertanggung Jawaban  (LPJ) penggunaan Dana Desa (DD) tahap II harus tuntas pada akhir Juli ini. Jika tidak penyaluran Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus akan dipangkas oleh pemerintah pusat.Penegasan itu disampaikan Sekertaris Daerah Irawansyah saat memimpin coffee morning, Senin (9/7) di ruang meranti kantor bupati.

“Bulan lalu,Pemkab Kutim sudah menerima surat teguran dari pemerintah pusat untuk segera menyelesaikan seluruh pertanggungjawaban penyaluran Dana Desa tahap II, jika tidak DAU dan DAK bisa terpangkas. Saya meminta seluruh kepala desa untuk bekerja extra menyelesaikan tanggung jawabnya,” tegas Irawansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H.Suwandi menjelaskan bahwa penyaluran DD tahap III sudah bisa diajukan akhir Juli ini dengan ketentuan harus menyelesaikan SPJ pencairan DD tahap II terlebih dahulu.

“Untuk DD tahap II, dari 139 desa yang ada di Kutai Timur, baru 134 desa yang terverifikasi berkasnya oleh DPMD maupun dari tenaga ahli pendamping dari pusat.Dari jumlah tersebut 112 desa sudah terbit Surat Perintah Pencairan Dana(SP2D) oleh Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD).

Suwandi menambahkan bahwa  anggaran DD ini sangat penting karena urusannya berkenaan langsung dengan pusat, jika progress penyalurannya lambat, akan berdampak pengurangan anggaran DD di Kutim secara keseluruhan.

Perlu diketahui, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  kabupaten/kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan

Disamping laporan terkait DD, Suwandi juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat DPMD akan menyelenggarakan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) yang ke 46, Hari Gotong Royong Masyarakat yang ke 15 tahun 2018 tingkat kabupaten yang dimulai dari tanggal 10 - 14 Juli 2018. (hms11)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58