Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Bupati Sampaikan Terimakasih Ke DPRD Kutim - Dukung Tiga Raperda Jadi Perda Pemerintahan

Bupati H Ismunandar Menyampaikan Tanggapan Pemkab Kutim, Atas Hasil Kerja Pansus Tiga Buah Raperda (Foto Wak Hedir/Humas)
 
 
 
SANGATTA - Bupati Kutai Timur H Ismunandar mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada segenap anggota DPRD yang terhimpun dalam panitia khusus (Pansus) yang telah menyampaikan laporannya terkait proses dan hasil pembahasan tiga Raperda. Yakni Raperda tentang Retribusi Pelayanan Pelabuhan Pendaratan Ikan dan Penjualan Produk Usaha Daerah, pada Balai Benih Ikan. Raperda Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur dan TV Kutim. Serta Raperda atas Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur nomor 7 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur. 

Ismunandar menuturkan, setelah melalui proses pembahasan beberapa tingkat pembicaraan sebagai diatur dalam perundang - undangan yang berlaku, akhirnya sampailah pada tingkat pembicaraan paling akhir. yaitu pengambilan keputusan untuk memberikan persetujuan bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah terhadap tiga buah Raperda yang dimaksud yang telah dibahas dalam konteks pembahasan Raperda, persetujuan bersama merupakan persyaratan wajib untuk menetapkan Raperda menjadi Perda. Proses akhir pembahasan Raperda yang ditandai dengan persetujuan bersama, merupakan cerminan dari hubungan kemitraan antara DPRD dan Pemerintah Daerah yang dilandasi semangat kemitraan dan saling menghormati untuk menghasilkan Perda yang baik berkualitas. 

"Setelah dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi bersama - sama antara Pemerintah Daerah dan DPRD serta Biro Hukum Provinsi Kalimantan Timur yang pada pokoknya telah tercapai kesepakatan pada rapat pleno antara DPRD dan Pemerintah Daerah sebagaimana dituangkan dalam laporan masing - masing pansus," jelas Ismu. 

Lebih lanjut Ismu mengatakan memperhatikan dinamika pembahasan antara anggota Pansus bersama dengan tim pembahasan Reperda, Pemerintah Daerah serta harmonisasi bersama Biro Hukum Provinsi Kaltim, terdapat pokok-pokok kesepakatan yang perlu disempurnakan dalam Raperda. Yang petama yaitu penyempurnaan judul konsidera dan ketentuan umum terhadap tiga buah Raperda tersebut. Kedua penyempurnaan legal drafting dan materi terhadap tiga buah Raperda tersebut. 

"Setelah mendengar dan mencermati laporan Pansus DPRD dan persetujuan anggota DPRD saya selaku pimpinan daerah berpendapat bahwa DPRD Kabupaten  Kutai Timur telah memberikan persetujuan untuk menetapkan tiga buah Raperda tersebut menjadi Peraturan Daerah," ungkap orang nomor satu di Pemerintah Kutum ini. (hms15)


Berita Terkait



Danlanal Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 72

Danlanal San...

Senin, 13 November 2017 11:01:50

Gemar Belajar Kitab Kuning - Siti Aisyah Sabet Juara 2 Nasional MQK

Bupati Ismun...

Kamis, 25 Januari 2018 14:57:04

Camat dan Kades Peroleh Pencerahan DBH

Bupati dan W...

Sabtu, 27 Januari 2018 18:48:09

Kutim Tuan Rumah Rakor Indakop UMKM - 266 Peserta Se-Kaltim Tampilkan Produk Unggulan

PRODUK UNGGU...

Rabu, 14 Maret 2018 10:20:27