Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Menuju Swasembada Daging, Kutim Fokus Tambah Populasi Sapi Umum & Ekonomi

Salah Satu Lokasi Sentra Pengembangbiakan Sapi di Kutim (istimewa)
 
 
SANGATTA - Guna mendukung program terwujudnya swasembada daging dan protein. Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pertanian fokus melakukan penambahan populasi sapi di sentra-sentra pengembangbiakan di Kutim. Hal itu disampaikan kepala Dinas Pertanian Kutai Timur Sugiono melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Mardi saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

“ Percepatan swasembada daging sapi, strateginya mengarah pada struktur hulu yaitu ke arah pembibitan dan pengembangbiakan karena selama ini masih lebih terfokus ke arah hilir terutama ke bisnis penggemukan dan impor daging. "Sentra pengembangbiakan kita ada di Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, Muara Wahau dan Kecamatan Rantau Pulung," jelas Mardi saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Selain fokus struktur hulu, Distan juga giat menjalankan program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) dan sudah 300 ekor yang telah diinseminasi. "Tahun ini ditarget 200 ekor sapi baru lahir. Sekarang kita sudah ada 80 kelahiran," bebernya.

Mardi mengungkapkan, kini swasembada daging atau protein bukan hanya fokus ke sapi dan kerbau melainkan swasembada protein yang sumbernya dari keanekaragaman ternak seperti peningkatan produksi dan reproduksi ternak kecil seperti kambing, domba, unggas, kelinci, serta ikan yang jumlahnya melimpah.
 
"Sekarang untuk supplai ayam potong masih diimpor dari kota Samarinda. Namun untuk kebutuhan telur ayam kita sudah dapat memenuhi di angka 50 persen yang paling banyak dari Kecamatan Bengalon," ungkapnya.

Dinas Pertanian juga mendorong upaya perbaikan pakan ternak guna mendukung percepatan swasembada daging dan protein hewani.”30 persen indukan sapi lokal mengalami gangguan nutrisi.Hal ini menjadi kendala dalam swasembada daging. Untuk mengatasi hal ini diupayakan dengan program Gerakan Peningkatan Kualitas Pakan yang dekat dengan sentra pengembangbiakan,” jelasnya.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58