Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

3.000 Ha Lahan Disiapkan Untuk Pengembangan Jagung Pertanian

Sekda Irawansyah saat menjelaskan program penanaman jagung (syahid humas)


SANGATTA- Jagung merupakan komoditas penting bagi masyarakat Indonesia karena masih menjadi makanan pokok selain beras dan permintaannya cukup tinggi. Inilah yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) untuk mengembangkan komoditi jagung bekerjasama dengan koperasi Nahdlatul Ulama (NU).

Sekretaris Daerah, Irawansyah mengungkapkan Bupati Ismunandar belum lama ini menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan NU pusat beserta Kementerian Pertanian RI. Fokusnya mengerahkan koperasi NU yang ada di Kutim untuk menanam jagung.

"Tindak lanjut dari MoU kemarin, semua koperasi NU di Kutim diajak menanam jagung . Pangsa pasar komoditi jagung sangat potensial untuk dikembangkan. Ada lahan seluas 3.000 hektare tersebar di Kecamatan Sangatta Utara, Rantau Pulung hingga Kaubun. Hal ini yang menjadi alasan utama pengembangan jagung," bebernya.

Lebih lanjut Irawansyah menjelaskan, mekanisme pemasaran jagung nanti akan bekerjasama dengan pengurus NU pusat. Hasil panen diexpor mengikuti pola di kota lain yang sudah menjalankan kerjasama serupa.

NU pusat yang mencarikan pasarnya seperti konsep di Sulawesi Selatan dan Lampung. Itu sudah berjalan. Pemkab Kutim sekarang menyiapkan komponen pendukung seperti bibit dan traktor untuk pembukaan lahan akan disiapkan. Tikar dan lantai jemur dan pemipil jagung juga tidak ketinggalan.

“Kementerian Pertanian akan memberi bantuan 400 kwintal jagung dan pupuk ," terang Irawansyah usai menghadiri sosialisasi perkreditan dan perpajakan bagi UMKM dan koperasi, di ruang aula Dinas Koperasi, belum lama ini. 

Ditambahkan mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini jika program ini tanpa hambatan termasuk persiapan lahan maka tahun ini akan berjalan."Secepatnya, inysaallah bulan depan sudah penanaman perdana. Supaya ekonomi masyarakat segera bergerak," tegasnya.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58