Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Distan Distribusikan Alsintan ke Beberapa Poktan Pertanian

 Serah Terima Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kepada Kelompok Tani (Istimewa)
 



SANGATTA- Selain intensifikasi pertanian, peningkatan produksi pertanian tentu harus didukung dengan penggunaan alat dan mesin pertanian (Alsintan). Untuk itulah Dinas Pertanian (Distan) memfasilitasi dengan mendisribusikan alsintan secara simbolis ke beberapa Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Rantau Pulung.

Pendistribusian alsintan tersebut berturut-turut dibagikan ke Poktan Sumber Mulyo Desa Masalap Raya, Sumber Makmur, Subur Makmur dan Poktan Karya Bakti Desa Rantau Makmur Kecamatan Rantau Pulung yang disambut bahagia oleh para petani.

Ketua Poktan Karya Bakti Desa Rantau Makmur,Sumber Makmur, Nggorodianto, mengucapkan terima kasih atas bantuan alsintan ini. “Dengan pompa air ini diharapkan produksi padi bisa meningkat.” harapnya.

Selain pompa air, dibagikan pula knapsack sprayer electric dan mesin tanam padi atau transplanter lengkap dengan baki atau nampan plastik untuk menyemai padi.

Kepala UPT.P4 Kecamatan Rantau Pulung Rudi Suprianto melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Rantau Makmur, M Herry menjelaskan bahwa poktan yang menerima bantuan alsintan ini sebelumnya telah mengajukan proposal bantuan ke Distan melalui tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) hingga musrenbang kecamatan.

Herry menambahkan tujuan penggunaan alsintan agar memudahkan dan mempercepat proses pekerjaan budidaya pertanian mulai awal tanam hingga pasca panen. Serta membantu tenaga kerja di sektor pertanian sekarang nampak sudah tua dengan jumlahnya yang semakin berkurang.

Usai serah terima dilanjutkan dengan uji coba mesin transplanter.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58