Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

10 Mesin Cuci untuk Ribuan Jamaah Keagamaan

 Calon jamaah haji asal Kutim ramai ramai saat mencuci pakaian di lantai 10 tempat mereka menginap di hotel Grand Al Aseel, Makkah. (Wardi Humas)


MAKKAH - Calon jamaah haji Kutim dan daerah lain yang menginap di hotel Grand Al Aseel, Makkah tidak mengalami kesulitan jika ingin mencuci pakaian kotor. Sebab, pihak hotel menyediakan mesin cuci di lantai 10, meski jumlahnya sangat terbatas.

Di Grand Al Aseel dihuni 10 kloter sari berbagai daerah atau sekitar 4.500 calon jamaah haji. Namun mesin cuci yang tersedia hanya 10 unit, sehingga harus giliran saat menggunakannya. Intinya harus sabar antre untuk mencuci pakaian yang sudah kotor.

Kendati demikian, para jamaah tidak banyak mengeluh justru berterima kasih kepada manajemen hotel yang sudah menyediakan mesin cuci. Sebab, dalam waktu 2 jam, pakaian yang dijemur sudah kering, sehingga calon jamaah haji tetap enjoy saat mencuci dan menunggui giliran.

Untuk menjemur pakaian yang baru dicuci, calon jamaah haji harus membuat atau membentangkan tali jemuran sendiri. Demikian juga hanger atau gantungan baju serta jepitan agar tidak terbang dibawa angin.

Setiap pagi hingga malam, ada saja jamaah yang mencuci pakaian di lantai 10 di hotel Grand Aseel tersebut. Saling berganti dan antri merupakan pemnandangan yang lumrah dan biasa serta harus dijalani hampir semua calon jamaah haji.

Calon jamaah haji asal Kutim yang menginap di hotel tersebut, juga mencuci pakaian secara bergantian. Bahkan saat mencuci bisa dimanfaatkan untuk saling tukar informasi antar calon jamaah haji dan berbagi pengalaman selama berada di tanah suci Makkah.

"Anggap aja di rumah sendiri, bisa mencuci sendiri. Bersyukur kita disediakan mesin cuci, sehingga ketika mencuci tidak manual. Bahkan dalam waktu dua jam, sudah kering semua pakaian yang kita cuci. Kalao di tanah air,  isa seharian baru kering," kata sejumlah ibu-ibu yang sedang mencuci. (hms2)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58