Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Disdukcapil Sudah Terapkan KK Versi 7.0 - Bisa Identifikasi Status Pernikahan Kutai Timur

Kepala Disdukcapil Januar Harlian Putra Lembang Alam Sebut KK Format Baru Mulai Diterapkan Di Kutim (Wak Hedir/Humas) 


SANGATTA – Format Kartu Keluarga (KK) tahun ini mengalami perubahan, ada dua kolom baru yang ditambahkan. Dengan demikian, kolom di KK menjadi 16. Dua kolom itu adalah kolom golongan darah dan nomor surat nikah atau perkawinan. Ditemui diruang kerjanya, Rabu (8/8/2018) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Januar Harlian Putra Lembang Alam mengatakan, penambahan dua kolom tersebut merupakan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Hal itu tertuang dalam Permendagri nomor 118 tahun 2017 tentang blangko KK, register, dan kutipan akta pencatatan sipil,” ungkap Januar.

Januar menambahkan, format KK baru (versi 7.0) di Kabupaten Kutai Timur telah diterapkan sejak 30 Juli 2018 lalu. Dia menjelaskan, nomor surat nikah atau perkawinan berguna untuk menjelaskan status pernikahan masyarakat. Selain itu, kolom tersebut juga berguna untuk mengetahui status pernikahan, apakah menikah secara hukum negara atau sah secara agama.

“Sejak 30 Juli kita sudah terapkan KK versi 7.0, berguna untuk mengetahui golongan darah seseorang, dan status pernikahan masyakat. Jika suatu saat ada keluarga yang sedang sakit membutuhkan donor darah, bisa dilihat dalam KK,” tutur Januar.

Namun, Ia mengakui KK fersi lama masih tetap berlaku. Namun apabila sedang mengurus berkas lainnya, ada baik sekaligus merubah KK dengan fersi yang baru.(hms15).


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58