Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Idul Adha Dua Minggu Lagi - Beli Hewan Kurban Yang Berlebel Sehat Kutai Timur

Kepala Dinas Pertanian Kutim, Minta Masyarakat Kutim Seleksi Membeli Hewan Kurban. Sebaiknya Yang Sudah Berlebel Sehat.(Wak Hedir/Humas)



SANGATTA - Perayaan Hari Raya Idul Adha (Hari Raya kurban), tinggal dua minggu lagi, untuk itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kutai Timur, Sugiono, mengimbau masyarakat Kutim agar membeli hewan kurban yang sudah yang sudah berlebel sehat.
 
Dijelaskannya pemeriksanaan kesehatan hewan kurban, rencananya akan dilaksanakan pada selasa 14 Agustus 2018. Akan ada tim yang telah dibentuk Distan, yang bertugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. Lebih jauh dijelaskan, pemeriksaan hewan kurban melalui pengecekan antimortem. 

“Antimortem yakni pemeriksanaan untuk melihat kondisi fisik luar hewan, apakah ada luka, cacat dan beberapa kondisi fisik lain. Melaui pemeriksaan itu, akan dapat dilihat apakah hewan tersebut dalam keadaan sehat atau terindikasi memiliki penyakit,” sebut Sugi.

Usai melewati pemeriksaan dan dinyatakan sehat, sambungnya, hewan kurban tersebut akan mendapatkan tanda atau label dari Distan. Jika belum berlabel, maka hewan tersebut masih belum diketahui kesehatannya, apakah layak untuk diqurbankan atau tidak.

Lebih jauh disampaikan, hewan kurban di Kutim banyak didatangkan dari luar. Seperti daerah yakni Sulawesi dan Jawa, untuk hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah justru lebih dahulu diketahui kesehatannya. Karena memang sebelum keluar dari daerahnya, hewan tersebut akan melewati proses pemeriksaan kesehatan di daerah asal. Namun nantinya tetap akan dilakukan pemeriksanaan ulang untuk keseluruhan hewan yang dijual untuk kurban.

“Untuk stok hewan qurban di Kutim, diperkirakan banyak dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, hanya tinggal melihat daya beli masyatakat saja,” tutup Sugiono.(hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58