Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

BPN Siap Bantu Sertifikasi Tanah Wakaf Kutai Timur

 Kepala BPN Kutim Umar Malabar (Foto : Syahid humas)
 
 
SANGATTA- Tanah wakaf dan aset-aset keagamaan sangat penting disertifikasikan agar terlindungi dan tidak terjual. Masyarakat diminta pro aktif untuk menyertifikasikan tanah wakaf ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).BPN Kutim siap membantu percepatan sertifikasi tanah wakaf untuk pembangunan rumah ibadah seperti masjid, musholla, gereja dan pura. 

Kepala BPN Kutim Umar Malabar mengatakan ada 7 juta program sertifikasi tanah di seluruh Indonesia pada 2018. Dari jumlah tersebut, Kutim mendapatkan 10.000 bidang melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) termasuk alokasi untuk sertifikat tanah wakaf.

“BPN bekerjasama dengan Kantor Agama Kutim sudah mendata, tahun ini di program PTSL ada 25 bidang tanah wakaf yang tersebar di sejumlah kecamatan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.  

Umar menambahkan, jika ada yang mau mengurus sertifikat tanah wakaf segera berkoordinasi dengan BPN Kutim agar terhindar dari sengketa lahan. BPN siap membantu proses pengurusan dan akan dipandu hingga selesai. “ Tahaf awalnya ikrah wakaf dari pemilik tanah yang ingin mewakafkan dengan pengurus masjid dan diketahui Kantor Urusan Agama (KUA) setempat serta berkoordinasi dengan aparat desa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Umar mengungkapkan beberapa waktu lalu telah dilakukan penyerahan sertifikat tanah wakaf secara simbolis. Satu sertifikat masjid, dua mushola dan satu gereja. Dengan adanya sertifikat ini, pengurus rumah ibadah bisa menjadikan landasan bagi perusahan yang ingin membantu pembangunannya.

“Sertifikat ini bisa dilampirkan saat mengajukan permohonan bantuan pembangunan baik ke perusahaan maupun pemerintah. Jadi bisa lebih meyakinkan donator,tapi tidak bisa dijadikan agunan ” tegas Umar.(hms7)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58