Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Warga Kongbeng Sambut Peresmian Lapangan Terbang Printis Uyang Lahai Nasional

Wabup Resmikan Lapter Perintis Uyang Lahai di Kongbeng
PERESMIAN. Wabup Ardiansyah Sulaiman ketika meresmikan lapangan terbang perintis Uyang Lahai di Kongbeng dengan membuka selubung papan nama, didampingi sejumlah pejabat Kutim (Foto wardi/humas )
SANGATTA- Dambaan masyarakat kecamatan Kongbeng, Muara Wahau dan Telen untuk menikmati transportasi udara bisa terwujud. Pasalnya, Kamis (19/9) kemarin dilakukan peresmian lapangan terbang (Lapter) perintis di desa Miau Baru, kecamatan Kongbeng.

Peresmian lapangan terbang perintis di Kongbeng tersebut mempeoleh sambutan antuasias masyarakat setempat. Ratusan warga ikut memberikan sambutan meriah di lapangan yang awalnya dikelola secara swadaya masyarakat itu.

“Saya bangga sekali karena masyarakat cukup antusias memberikan sambutan adanya penerbangan perintis Kongbeng – Samarinda dan sebaliknya. Sehingga akan membantu masyarakat dalam memperingan dan mempermudah transportasi dan membuka peluang ekonomi masyarakat,” kata Wabup saat meresmikan Lapter Perintis Uyang Lahai tersebut.

Hadir pada acara itu Danlanal Sangatta Letkol Laut Sigit, Kajari Sangatta Didik Farkhan, Wakapolres Kutim AKP Yudi, Asisten Kesra Mugeni, Kadis Perhubungan dan Informatikan Kutim Johansyah Ibrahim, Wakil ketua PKK Hj Siti Robiah, Camat Kongbeng Fahmi Anwar, Camat Telen Thamrin, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuda serta ratusan masyarakat.

Tak lama kemudian, rombongan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim juga mendarat di Lapter Uyang Lahai, guna menyaksikan peresmikan lapter tersebut. Sulaiman dari Dishub Kaltim akan berusaha maksimal untuk membantu pembangunan lapter perintis ini ke depan melalui anggaran APBD Provinsi Kaltim mampu memperjuangkan ke APBN.

Dijelaskan, peran masyarakat dalam pengelolaan lapangan terbang perintis ini diharapkan bisa diberdayakan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Misalnya, masalah kebersihan, ticketing dan sebagainya. Sedangkan mengenai teknis penerbangan dan pengaturannya, hendaknya diserahkan kepada pemerintah.
Melalui BUMDes itu, diharapkan masyarakat bisa ikut merasakannya dan meningkatkan kesejahteran. Dengan ikut mengelola seperti itu, keuangannya bisa masuk ke kas desa dan dananya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Sedangkan Camat Kongbeng Fahmi Anwar mengatakan, pembangunan dan pembukaan lapangan terbang perintis ini merupakan swadaya masyarakat dan dibantu perusahaan yang beroperasi di sekitar Kongbeng, Muara Wahau dan Telen. “Pembukaan lapangan ini dimulai sejak Januari 2013 lalu dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa dilakukan penerbangan perdana perintis,” kata Fahmi.

Pihaknya bersama masyarakat berjanji akan mengurus surat-surat dokumen untuk hibah pembangunan lapangan terbang perintis tersebut. “Masyarakat sangat mendambakan penerbangan ini, karena bisa meringankan biaya dan meningkatkan perekonomian. Kita harapkan lapangan ini nanti bisa segera diaspal, sehingga saat penerbangan nanti bisa lebih baik lagi ke depan,” kata tambah Fahmi.

Menurutnya, jika dinilai dengan uang mengenai pembukaan lapangan terbang itu, sekitar Rp 5 miliar. Jumlah itu diakuinya cukup besar. Dana itu merupakan sumbangan masyarakat dan perusahaan, dengan harapan bisa segera dilakukan penerbangan perintis Kongbeng-Samarinda.

Sedangkan salah seorang tokoh masyarakat dan juga kepala adat dayak di Kongeng, Wilson mengatakan, masyarakat mengaku bangga dengan adanya lapangan terbang perintis dan sudah dilakukan penerbangan perdana tersebut. “Kita harapkan lapangan terbang ini bisa dibangun pemerintah, sehingga ke depan pelayanan transportasi udara bisa lebih lancar lagi,” kata Wilson.

Wilson yang juga merupakan Ketua Panitia pembangunan lapangan terbang perinstis Uyang Lahai ini mengatakan, meski masyarakat membangun secara swadaya tetap bersemangat dan bangga. Sebab, ke depan akan membuka perekonomian masyarakat Kongbeng dan sekitarnya dalam jalur transportasi udara. Sehingga transportasi akan lebih mudah dan lancar dari Kongbeng ke Samarinda dan sebaliknya. (kmf1)



Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58