Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Dana Porprov Kurang Rp 84 M - Dewan Akan Panggil Pemprov Pemerintahan

CURHAT : Rombongan Pemkab Kutim yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menjelaskan progres persiapan Porprov/VI Kaltim 2018 di depan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub, Rabu (3/10/2018). (Foto: Ist)
 
 
SAMARINDA- Wakil Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VI/Kaltim yang juga Wabup Kutai Timur (Kutim) didampingi Asisten II Perekonomian Rupiansyah bersama jajaran KONI Kutim ngeluruk ke Kantor DPRD Kaltim Karang Paci, Samarinda, Rabu (3/10/2018).

Kegiatan rapat kerja tak lain membahas kepastian anggaran Porprov, apakah bisa cair atau tidak. Persoalan mendasar yang disampaikan pihak Pemkab Kutim sebagai tuan rumah Porprov VI/Kaltim adalah terkait minimnya anggaran. Kunjungan dimaksud diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub, serta Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Martinus, Siti Qomariah dan Rusianto. 

“Saat ini anggaran yang tersedia meliputi biaya penyelenggaraan, perlengkapan dan peralatan sekitar Rp 25 Miliar. Sedangkan kekurangannya masih cukup besar yaitu mencapai Rp 84 Miliar,” terang Kasmidi Bulang.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Samsun mengaku kaget dan heran, pasalnya pembahasan Porprov seperti usulan anggaran, selama ini belum ada masuk ke DPRD Kaltim. Padahal, pembahasan awal penyelenggaran Porprov telah dilakukan sejak 2014 lalu. 

“Ini yang akan kami cari tahu dulu,” ujarnya.

Samsun tegas mengatakan pelaksanaan Porprov Kaltim seharusnya juga menjadi tanggung jawab Pemprov Kaltim selaku pemilik hajatan besar. Yakni event empat tahunan pesta akbar olahraga se Kaltim tersebut. Dia membeberkan seandainya usulan anggaran hajatan tersebut diajukan sejak awal pembahasan, sudah tentu masalah anggaran bisa diatasi.

Hal senada disampaikan Rusman Yaqub. Bahwa solusi terbaik yang bisa dilakukan pihaknya yakni dengan memanggil Pemprov Kaltim. Mengingat, penganggaran Porprov pada APBD Perubahan Tahun 2018 sudah tidak mungkin lagi dilakukan. 

“Terkecuali ada kebijakan dari Gubernur terpilih mengenai prioritas anggaran,” terang dia.

Komisi IV dan unsur Pimpinan DPRD Kaltim mengusulkan untuk mengadakan pertemuan kembali terkait Porprov VI. Dengan mengundang Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, KONI Kaltim, Gubernur dan Pemkab Kutim untuk mencari solusi atas kendala Porprov.

“Pertemuan ini akan diusulkan untuk diagendakan pada pekan depan,” pungkas Rusman. (*/hms13)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58