Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Seskab : RRTR KEK Maloy Jadi Pandangan Sampai 20 Tahun Umum & Ekonomi

Sekretaris Kabupaten H Irawansyah Saat Pembukann Konsultasi Publik Kedua RRTR di Sekitar KEK MBTK di Hotel Royal Victoria, Sangatta (Wak Hedir/Humas)


SANGATTA – Sekretaris Kabupaten (Seskab) H Irawansyah mengatakan Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) diharapkan bisa menjadi pandangan sampai 20 tahun, bukan hanya 1-2 tahun saja. Demikian disampaikan Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutai Timur (Kutim) H Irawansyah saat membuka Konsultasi Publik Kedua “Penyusunan Materi Teknis Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) di Sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MBTK” dan Konsultasi Publik” Penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Kalimantan Timur Kawasan Industri Oleochemical Maloy, di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kamis (11/10/2018).

“Kawasan ini benar-benar menjadi kawasan industri yang sangat strategis sesuai dengan rencana semula kawasan. Agar potensi yang ada di Kutim dan Kaltim dapat dikembangkan di kawasan KEK-MBTK. Lokasi sudah selesai tinggal bagaimana kedepannya KEK melalui Pusat dan Provinsi dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan baru di Indonesia bagianTimur,” sebut Irawansyah yang mengenakan kemeja biru.

Menurut Seskab, kegiatan tersebut sangat penting dan strategis dalam penyusunan rencana rinci tata ruang, khusunya di Kutim. Sebelumnya, kegiatan ini pernah diadakan tentang konsultasi publik yang pertama tata ruang. Ditambahkan Irawansyah, materi khusus rencana rinci penataan ruang Kab Kutai Timur dan Penataan ruang Provinsi Kaltim sudah berjalan terlaksana secara lancar dan kawasan Kalimantan sangat besar dikarenakan banyaknya perusahaan besar yang ada di Kalimantan.

“Infrasruktur harus ada penataan rincinya khusunya untuk jalanan yang sedikit demi sekit sedang di perbaiki dan aksestebiltas di Kutim, untuk tranportasi mengunakan jalur darat, tetapi kita sedang menata untuk tranportasi mengunakan jalur udara dengan membangun bandara udara di Sangkima Kec Teluk Pandan,” ungkap Seskab.


Sementara, Direktur Penataan Kawasan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Negara (BPN) yang diwakili Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Kemitraan Chiesty Elisabeth Lengkong mengatakan pihaknya mendorong Pemerintah daerah untuk membangun penataan ruang dan Pemerintah daerah harus dapat memperinci penataan ruang agar dapat berkembang dengan baik di Pemerintahan tersebut.
“Pentingnya rencana rinci penataan ruang ini sendiri, agar semua sektor dapat masuk ke pemerintah daerah itu sendiri, kami dari Dirjen penataan ruang sudah berkewajiban untuk mengecek penataan ruang di tiap-tiap Kabupaten khususnya di Kabupaten Kutai Timur,” ucap Elisabeth.

Narasumber dari kegiatan ini, Kasubag Direktorat Perencanaan dan Kemitraan Chriesty Elisabeth Lengkong dengan materi perkembangan penyusunan rencana rinci tata ruang di sekitar KEK MBTK. Penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) sekitar KEK MBTK dipaparkan oleh Ketua Tim Teknis Penyusun, Ari Djatmiko dan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Kawasan Industri Oleochemical Maloy dan Sinkronisasinya terhadap RDTR disekitar KEK MBTK dipaparkan Dana Adisukma (Tim Teknis Penyusun, Tenaga Ahli Perencanaan Wilayah). 

Konsultasi yang dilaksanakan selama sehari ini diikuti instansi terkait diantaranya, Bappeda Provinsi, Bappeda Kutim, Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kutim, Kantor Pertanahan BPN Kutim, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutim, Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim, Dinas Perkebunan Kutim, Dinas Kelautan Kutim, Dinas Pekerjaan Umum Kutim, Dinas Permukiman dan Perumahan Kutim, Dinas Perhubungan Kutim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kutim, Dinas Lingkungan Hidup Kutim, Badan Usaha Pengelola KEK Maloy Kutim, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kutim, Kodim 0909/Sangatta, Bagian Sumber Alam Sekretariat Daerah Kutim, Badan Pusat Statistik Kutim, perwakilan Camat Kaliorang dan Camat Sangkulirang.(hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58