Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Watra Alsin Dukung Potensi Kemajuan Pertanian Kutim Pertanian

Bupati Kutim H Ismunandar turut  mendukung rancangan Proyek Perubahan Wadah Kemitraan Alat Mesin Pertanian (Watra Alsin) berbasis masyarakat. (Ist)
 
 
SANGATTA – Rancangan Proyek Perubahan (Proper) Wadah Kemitraan Alat Mesin Pertanian (Watra Alsin) berbasis masyarakat, dinilai sangat baik oleh Bupati Kutim H Ismunandar. Sebab Watra Alsin dapat bermanfaat besar bagi petani melalui teknologi pertanian modern yang saat ini terus berkembang.

Watra Alsin kedepan mampu mengkombinasikan bantuan alat dan mesin pertanian yang pengelolaannya dilakukan oleh desa, bemitra dengan Brigade Alsin dari Dinas Pertanian untuk pengelolan, pemeliharaan dan perawatan mesin serta pendampingan kepada petani.

"Tentu saja ini (Watra Alsin) sesuatu yang sangat baik. Karena persoalan alat dan mesin pertanian rata-rata setelah kita berikan bantuan terkadang tidak dapat dipelihara dengan baik. Belum lagi umur pemakaian sudah habis. Ada kerusakan sedikit, petani tidak mampu memperbaiki atau mensuport dalam segi perbaikan," ujar orang nomor satu di Kutim ini   diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ismu berharap trobosan ini menjadi contoh implementasi dibeberapa desa maupun kecamatan yang dilakukan Warta Alsin. Sehingga semua alat dan mesin yang didistribusi dapat bermanfaat dengan baik.

Kepala Seksi Pembiayaan dan Alsin Dinas Pertanian Kutim Rofiqoh Istiharoh sebagai penggagas rancangan Proper Watra Alsin ini menjelaskan, alih teknologi alsintan kepada masyarakat petani yang berada dikecamatan seperti jasa penyiapan lahan dan pengolahan tanah menggunakan TR4 (Jonder) tidak lagi menggunakan hendtrakto, melainkan menggunakan mesin modern tanam bibit padi seperti Transplanter dan alat panen Combine Harvester. Sehingga petani diuntungkan dalam mempercepat pengolahan pra tanam hingga pasca panen.

"Jangka panjang dari Watra alsin ini, mewujudkan masyarakat tani yang paham mekanisasi teknologi pertanian dan berwawasan pertanian modern diseluruh kecamatan Kutim,"tegasnya.

Ia berharap, rancangan program ini dapat terealisasi dengan dukungan pemerintah daerah demi kemajuan pertanian dan kesejahteraan petani di Kutim. (hms10)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58