Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Lomba Asah Terampil Antar Petani Pertanian

Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Kaltim Asmirilda, Ketua DPD Kutim Hj Encek UR Firgasih dan Sekertaris Daerah Irawansyah berfoto bersama sebelum Final Lomba Asah Terampil.(Rusli Humas)
  


SANGATTA- Dalam upaya memacu dan memotivasi petani dalam kegiatan usaha tani agar sesuai dengan petunjuk teknologi pertanian serta mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani sebagai wadah produksi dan wadah sebagai kelas belajar, Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama dengan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kutim menggelar lomba asah trampil di halaman Gedung Expo Sangatta. Kamis (11/10/2018) lalu.

Kegiatan final lomba asah terampil dibuka langsung oleh Bupati Ismunandar dan turut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Irawansyah, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Kalimantan Timur Ir. Asmirilda, MP., Ketua DPD Perhiptani Kutim Hj. Encek UR Firgasih, juga Wakil Ketua DPRD Kutim, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kutim Sri Handayani, Kepala Dinas Pertanian Kutim Sugiono, seluruh camat se- Kutim, perwakilan kepala OPD, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kutim Suharman dan para penyuluh pertanian se Kutim. 

Lomba asah terampil diikuti oleh 18 kecamatan se Kutim yang merupakan pelaku utama atau pelaku usaha yang diseleksi oleh masing-masing kecamatan terdiri dari petani nelayan, wanita petani nelayan dan pemuda petani nelayan. 

Ismunandar dalam sambutannya mengatakan salah satu bentuk peningkatan sumber daya petani melalui kegiatan lomba asah trampil dimana kegiatan ini membantu para petani untuk meningkatkan kemampuan, wawasan dan keterampilannya.

“Petani sekarang harus siap menghadapi tantangan teknologi dan informasi yang begitu masif, bagaimana teknik pemasarannya sehingga para petani dituntut untuk meningkatkan pengetahuannya, ya salah satunya dengan mengikuti lomba asah terampil,” jelas Ismunandar. 

Asah terampil adalah suatau kegiatan yang dilombakan antar provinsi, kabupaten ataupun kecamatan dalam upaya mengasah pengetahuan, keterampilan, menggali informasi seluas-luasnya dan bagaimana kiat-kita menghadapi tantangan di bidang pertanian.

Ketua Perhiptani Kutim Hj. Encek UR Firgasih pada kesempatannya mengucapkan rasa syukurnya bahwa dengan HUT ke-19 Kutim, Dinas Pertanian (Distan) bisa bekerjasama dengan Perhiptani pada kegiatan lomba asah terampil.
 
“Memang diakui masih ada keterbatasan kualitas sumberdaya manusia serta minimnya akses ke fasilitas ekonomi yang tersedia ini bisa menjadi alasan belum maksmimalnya potensi pertanian di Kutim, meski begitu lomba asah terampil ini adalah hal positif yang dilaksanakan Distan. Karena dengan asah terampil ini, akan muncul kesadaran dan pemahaman betapa besarnya potensi pertanian di Kutim. Selain itu para petani dan pelaku dunia usaha jadi paham bagaimana bisa mengatasi tantangan yang ada,” kata Firga.

Selaku Ketua Perhiptani Kutim, saya sangat mengapresiasi terbentuknya organisasi ini sebagai wadah komunikasi, silahturahmi dan tukar menukar informasi tentang pertanian secara luas.” Semoga Perhiptani bisa terus berkontribusi bagi perkembangan pertanian di Kutim,” harapnya. 

Sebelumnya, babak penyisihan telah dilaksanakan di empat zona di Kutim, babak semifinal dilaksanakan Rabu,(10/10) dengan menghasilkan empat peserta lolos ke final yakni Kecamatan Telen, Sangkulirang, Rantau Pulung dan Bengalon. Babak final diselenggarakan pada hari ini,Kamis (11/10).Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan para peserta di bidang pertanian serta memupuk rasa kekeluargaan dan keakraban kepada sesama peserta lomba.(hms11)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58