Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Bupati Resmikan KUA Sangkulirang - Pemkab Tak Ragu Hibahkan Aset Keagamaan

Foto bersama usai membuka tirai nama Kantor Baru KUA Sangkulirang. (Foto Jani Humas)


SANGKULIRANG - Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar meresmikan gedung balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkulirang, Sabtu (20/10/2018). Tiba sekitar pukul 10.00 wita usai meninjau operasi katarak gratis di RS Sangkulirang, Bupati hadir didampingi isteri tercinta Hj Encek UR Firgasih yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kutim serta putrinya Rizky Amalia. 

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai papan nama KUA dan pemotongan pita oleh Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD disaksikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kutim Ambotang. Disaksika Kepala KUA se Kutim, beberapa camat, sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Kutim dan FKPD tingkat Kecamatan, serta tokoh masyarakat dan agama sekitar. Momentum ini sekaligus dirangkai serah terima aset Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten kepada Kementerian Agama Kutim.

Bupati Kutim H Ismunandar mengucap syukur karena saat ini di Kecamatan Sangkulirang telah terbangun beberapa bangunan gedung baru. Seperti Kantor Camat Sangkulirang, BPU Sangkulirang, Rumah Sakit. Serta yang diresmikan saat itu gedung balai nikah dan manasik haji KUA Sangkulirang. 

"Gambaran dari Kepala Kemenag Kutim, bahwa kabupaten dan kota lainnya susah untuk menghibahkan aset daerahnya. Karena peraturan dari pusat untuk membangun KUA tanahnya harus dihibahkan terlebih dahulu kepada daerah. Bagi saya tidak ada masalah , siapa yang dilayani, masyarakat Kutim juga. Maka dari itu tidak usah repot, jadi cepat-cepat kalau ada yang mau menghibahkan yang penting dibangun," ujar Ismu disambut tepuk tangan meriah para undangan.

Pada kesempatan tersebut Ismu berpesan kepada para Kepala KUA di kecamatan, untuk lebih meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang arti rumah tangga. Sebab , berdasarkan pantauannya angka perceraian di Kutim semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kutim H Ambotang, mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab Kutim yang telah menyerahkan aset pamerintah kabupaten BMD kepada Kementerian Agama RI yang diwakilkan oleh Kemenag Kutim.

"Semoga dengan penyerahan ini dapat memberikan paningkatan dan optimalisasi dalam pelayanan terhadap masyarakat," ucap Ambotang

Lebih lanjut Ambotang melaporkan, pelaksanaan pembangunan ulang gedung balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan Sangkulirang, memakan waktu kurang lebih 5 bulan. Dengan proyek pengerjaan berasal dari dana Sukuk Kementerian Keuangan atau kucuran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk Kementerian Agama RI sebesar kurang lebih Rp 2 Miliar. (Hms10)


Berita Terkait



Bupati Resmikan KUA Sangkulirang - Pemkab Tak Ragu Hibahkan Aset

Foto bersama...

Sabtu, 20 Oktober 2018 21:11:24