Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

SMPN1 Sangatta Utara Dilengkapi CCTV - Kedepan Menunjang Digital Learning Pendidikan

Demi menunjang proses belajar mengajar disekolah sekaligus menunjang digital learning, SMPN 1 Sangatta dilengkapi puluhan CCTV. (fuji humas)
  

SANGATTA- Dizaman milenial seperti saat ini semua fasilitas banyak ditunjang oleh peralatan yang serba digital. Tak hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga untuk memaksimalkan pengawasan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Contohnya saja di SMPN 1 Sangatta Utara. Di Sekolah “plat merah” ini, proses belajar dan mengajar di ruang kelas diawasi oleh CCTV (Closed Circuit Television) dan sudah berlangsung selama 10 tahun terakhir. Pemasangan CCTV dihampir setiap sudut sekolah ini dilakukan bukan tanpa alasan.

“Banyak manfaatnya, ada camera pengawas disetiap kelas. Pihak sekolah tak hanya bisa mengawasi proses belajar mengajar, tapi juga sekaligus memantau perilaku siswa,” kata Kepala SMPN 1 Ny Kartini, belum lama ini.

Seperti jika ada anak-anak yang berperilaku tidak sopan, merusak properti atau aset sekolah hingga hal-hal lainnya. Berikutnya apabila ada kelas yang tidak ada gurunya pun akan terdeteksi. Untuk kemudian dilaporkan kepada pihak sekolah atau memanggil guru yang seharusnya bertugas mengajar. Sehingga tidak ada kekosongan jam pelajaran.

“Ada lebih dari 60 CCTV terpasang untuk kelancaran operasional sekolah. Tidak hanya di kelas untuk melihat aktivitas belajar, namun juga menjangkau seluruh ruangan. Termasuk laboratorium, mushola dan area lainnya,” jelas Kartini yang sehari-harinya mengenakan hijab tersebut.

Bahkan fungsi lain dari kamera pengawas ini juga untuk menjadi bahan bukti apabila diperlukan. Misalnya saja ada perkelahian siswa atau terjadi perdebatan argumen soal kebenaran perilaku siswa di sekolah, oleh orang tua wali murid dengan guru. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan data CCTV yang terekam setiap hari selama 24 jam penuh. Tetapi dia bersyukur hingga saat ini hal tersebut tak pernah terjadi.
Sebagai bentuk inovasi sekolah dibawah koordinasi Dinas Pendidikan (Disdik) dalam waktu dekat, CCTV yang sudah terpasang ini akan dikoneksikan pula dengan program “Digital Learning”. 

Tujuannya sama untuk memantau kegiatan belajar dan mengajar, namun tayangannya langsung terlihat oleh jajaran Disdik. Pihaknya juga akan menambah beberapa CCTV untuk dipasang di area berbahaya atau rawan kecelakaan seperti tangga sekolah dan lokasi lainnya. Berikutnya untuk mengoperasikan fasilitas dimaksud, pihak sekolah menugaskan beberapa staf, sekaligus memantau layar utama. Dia bersyukur sarana tersebut berjalan dan tidak menghadapi kendala. (hms3)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58