Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Pasar Rakyat Karangan Diresmikan - Bupati : Harus Ditempati Bagi Yang Berdagang Umum & Ekonomi

Bupati membuka tirai plang nama Pasar Rakyat Kecamatan Karangan disaksikan camat, para Kepala Desa, Kadis Disperindag Edward dan sejumlah pejabat di Pemkab Kutim. (Jani Humas)
 
 
 
SANGATTA - Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk menggerakan perekonomian daerah khususnya diwilayah pedalaman terus dilaksanakan. Salah satunya melalui pembangunan pasar rakyat berletak di Desa Karangan Dalam, Kecamatan Karangan yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kutim H Ismunandar, Minggu (11/11/2018).

Pasar rakyat karangan dibangun selama 120 hari kelender ditambah adendum 15 hari yakni sejak tanggal 4 Juni sampai 14 November 2018, bersumber dari  Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,3 Miliar. 

Bupati Kutim H Ismunandar saat itu menyampaikan pesan penting terkait keberadaan pasar rakyat tersebut.  

"Saya berpesan pasar ini ditempati bagi yang berdagang. Kalau hanya minta petak saja tidak berdagang jangan diberikan,"tegas Ismu.

Hal ini berdasarkan pengalaman sebelumnya yang pernah terjadi di Pasar Induk Sangatta Utara banyak kios-kios yang tidak terisi, akibat beberapa kios dibisniskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Makanya saat itu saya intruksikan kepala uptnya saya bilang beri waktu satu bulan tidak diisi cabut. Maka dari itu saya minta manfaatkan sebaik-baiknya," ujar Ismu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutim Edward Azran menjelaskan, dari total 1.138 jiwa penduduk Kecamatan Karangan, sebanyak 147 orang adalah pedagang, dari jumlah tersebut ada 44 pedagang profesional yang menjual hasil kebun dan pertanian dalam arti luas.

"Luas lahan pasar tersebut 1 hektar, lebar 70 M dan luas 7000 M persegi. Pembangunan pasar tipe c. Luas area bangunan pasar terdiri kios sebanyak 12 dan Los sebanyak 32 serta bangunan pasar terdiri Kantor, WC, kios, los dan tempat tandon," papar Edward. (Hms10)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58