Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Ayo Gemar Makan Ikan - Pesan Bupati di Acara LMSI Umum & Ekonomi

Bupati Kutim H Ismunandar didampingi Sekretaris DKP Kutim Mencicipi Masakan Peserta Lomba Masak Serba Ikan, di Gedung Wanita Kabupaten Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi. (Wak Hedir/Humas Kutim)
 
 

 SANGATTA- Demi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan cerdas, tentunya harus dimulai dari pemahaman tingkat keluarga untuk memberikan nutrisi dan zat gizi dari ikan pada anak. Terutama saat dalam kandungan hingga usia balita. Karena manfaat nyata makan ikan akan muncul setelah 3-5 tahun, menjelma sebagai generasi yang cerdas dan pintar. Berkenaan dengan itu, Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar mengajak masyarakat untuk Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN). Pesan itu di sampaikan Bupati saat menghadiri Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) garapan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten bekerja sama denga Tim Penggerak PKK Kutim, di Gedung Wanita, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Rabu (14/11/2018).

"Mari kita budayakan makan ikan dimulai dari anak-anak kita. Apalagi sebagian besar wilayah Kutim adalah daerah pesisir yang kaya ikan. Seperti Sangkulirang, Kaubun, Karangan dan daerah lainnya," terang Ismu.

Gemar makan ikan harus terus dibudayakan oleh masyarakat Kutim, dimulai dari keluarga. Mengapa? Karena ikan banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk perlembangan sel - sel otak. Kegiatan ini diakuinya, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas ibu – ibu mengelola makanan berbahan ikan. Sehingga bisa menambah selera makan keluarga dan anak – anak untuk mengkonsumsi ikan. 

"Saya sangat apresiaisi kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ibu - ibu dalam mengelola jukut (ikan dalam bahasa Kutai). Terima kasih buat TP PKK 15 Kecamatan yang sudah ikut. Kedepan saya juga berharap 18 Kecamatan bisa ikut. Terus kampanyekan gemar makan ini sampai di desa - desa dan kecamatan masing - masing," pinta Ismunadar.

Sebelumnya, Sekretaris DKP Muhammad Idris Syam mengatakan lomba masak berbahan dasar ikan serta sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2006. Dalam rangka meningkatkan minat masyarkat dalam mengkonsumsi ikan dengan tujuan agar terbentuk masyarakat yang sehat, kuat dan cerdas.

Dikatakan Idris, lomba cipta menu berbahan dasar ikan tersebut, menjadi beberapa bentuk olahan seperti nugget, sosis, otak-otak, bakso dan bentuk lainnya. Diharapkan untuk merangsang dan meningkatkan minat masyarakat, sehingga menjadi kebiasaan dalam konsumsi ikan.

 “Kabupaten Kutai Timur memiliki potensi besar sumber daya protein dari sektor perikanan, baik ikan laut maupun ikan air tawar yang perlu dioptimalkan terutama dalam hal pengelolaan sehingga hasil tangkapan nelayan dapat dikonsumsi sendiri oleh masyarakat Kutim, tidak perlu dijual ke daerah lain,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim tahun 2016, bahwa angka konsumsi ikan (AKI) Provinsi Kaltim adalah 46,12 kg perkapita. Sedangkan AKI Nasional adalah 40 kg/kapita, Kutim urutan ketiga ditingkat Provinsi Kaltim dengan AKI 59/kapita, setelah Kukar 70 kg/kapita, Paser 63 kg/kapita. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Rudi Sopang Arham menjelaskan lomba masak serba ikan merupakan agenda tahunan DKP Kutim secara berjenjang. Mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. Dengan harapan dapat memotivasi masyarakat mengkonsumsi makanan sehat, konsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang. Dengan kombinasi menarik yang dapat mengundang selera makan. Sehingga tercapai kebutuhan asupan gizi keluarga masyarakat umum dapat terpenuhi.

"Lomba kali ini diikuti 15 peserta perwakilan TP PKK Kecamtan masing - masing. Lomba terbagi menjadi tiga bagian terdiri dari menu ikan kuntuk keluarga, menu untuk balita dan menu kudapan. Masakan mereka dinilai oleh tiga juri yakni Chef Hotel Royal Victoria, Dinkes Kutim dan DKP Kutim," ungkap Rudi. (hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58