Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

Kemitraan DSN Group Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pemerintahan

Bupati Ismunandar saat penandatanganan Akad Kredit Biaya dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Perlindungan, Pemeliharaan dan Pemanfaatan Area Konservasi PT Dewata Nusantara dengan Pemdes, BPD dan Lembaga Adat Desa Nehas Liah Bing. (Hasyim Humas)
 
 
 
 
MUARA WAHAU – Bupati Kutai Timur H Ismunandar, mengatakan program kemitraan yang dilakukan Darma Satya Nusantara (DSN) Group bersama koperasi, diharapkan bisa memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar perkebunan. Hal ini disampaikan Ismunandar saat penandatanganan Akad Kredit Biaya dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Perlindungan, Pemeliharaan dan Pemanfaatan Area Konservasi PT Dewata Nusantara dengan Pemdes, BPD dan Lembaga Adat Desa Nehas Liah Bing, Jum’at (23/11/2018) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Muara Wahau. 

”Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada DSN Group, yang terus menunjukan komitmennya dalam menjalin kemitraan dengan petani sawit di Muara Wahau. Kami harapkan program kemitraan ini terus berlanjut di masa yang akan datang. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Ismunandar yang mengenakan kameja putih berlengan panjang ini.
 
Ismunandar juga berharap, perusahaan dan petani dapat menjaga komitmen sesuai kesepakatan yang ada dalam Nota Perjanjian tersebut. 

"Khusus bagi koperasi-koperasi yg bermitra hendaknya mempraktekkan asah, sasih dan asuh terhadap anggotanya," kata Bupati.
 
Pada kesempatan itu, Ismu juga meminta agar Orgaisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi bisa turun kelapangan memberi bimbingan atau pemecahan masalah, apabila ada persoalan-persoalan dilapanga.

Sementara, Senior Division Head PT DSN Tbk, Parlindungan Hasibuan mengatakan, penandatanganan perjanjian akad kredit ini merupakan kelanjutan dari penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan DSN Group dengan koperasi kemitraan sebelumnya.

“Selama ini kami telah menjalin kemitraan melalui pembangunan kebun untuk sekitar 19 koperasi yang tersebar di Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng. Kami berharap kemitraan ini dapat memberikan manfaat kepada petani, melalui koperasi yang telah dibentuk, " kata Parlindungan usai penadatanganan.
 
Secara keseluruhan, sambung Parlindungan, DSN Group telah melakukan Akad Kredit terhadap 13 Koperasi dengan nilai konversi sekitar 1 triliun yang setara dengan 8.912 hektar. Melalui program kemitraan di 6 desa dan 1 dusun. Selain luasan yang sudah tandatangan akad kredit tersebut, DSN Group saat ini juga sedang dalam proses pembangunan kebun kemitraan seluas 5.669 hektar untuk enam koperasi.

"Masyarakat penerima manfaat dari kebun kemitraan tersebut terdiri dari 7.499 kepala keluarga (KK). Dengan demikian, diharapkan kemitraan yang telah berlangsung ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Parlindungan.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu, PT DSN Group melakukan penandatanganan akad kredit dengan empat mitra koperasi perkebunan di Muara Wahau, dengan total nilai konversi sebesar Rp 57 miliar.
 
Koperasi yang melakukan akad kredit tersebut adalah KUD Min Sun Lekut Tahap III seluas 509 hektar, dengan nilai Rp 30,4 miliar. KSU Gerdabang Agri Center, tahap II seluas 195 hektar, dengan nilai Rp 13,3 miliar. KSU Harapan Baru tahap II seluas 170 hektar dengan nilai Rp 11,3 miliar. Serta KSU Seleq Sejahtera Bersama tahap II seluas 31 hektar dengan nilai Rp 2,1 miliar. (hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58