Humas Kutim

  • SUKSESKAN GERBANG DESA MADU (GRAKAN PEMBANGUNAN DESA MANDIRI DAN TERPADU)

RSUD Sangkulirang Gelar Lokakarya - Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Sosial & Kesehatan

RSUD Sangkulirang mengadakan Lokakarya, dalam rangka HUT RSUD ke 2 tahun. (Ist)
 
 

SANGATTA - Guna memajukan pelayanan kesehatan terhadap ibu dan anak dalam praktek sehari-hari, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangkulirang mengadakan Lokakarya, dalam rangka HUT RSUD ke 2 tahun. Kegiatan ini dibuka resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kutim, Haryati mewakili Kepala Dinas, di Gedung Serba Guna Sangkulirang, Minggu (25/11/2018). Lokakarya sehari ini, menyasar bidan dan perawat (IBI dan PPNI).

Sekretaris Dinkes Haryati mengatakan kegiatan itu sangat penting dan sangat bermanfaat untuk perawat dan bidan, dalam melaksanakan tugasnya sehari -hari. Agar mampu memberikan pelayanan kesehatan pada ibu dan anak, sehingga dapat mengurangi angka kematian pada ibu dan anak.

"Diharapkan dapat membantu Pemerintah terutama dalam bidang kesehatan. Dalam meningkatkan derajat kesehatan terutama kesehatan ibu dan bayi. Karena kesehatan ibu dan bayi merupakan penilaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Kementerian Kesehatan, yang tidak boleh tidak tercapai, karena tidak tercapainya SPM ," sebut Haryati, yang latar belakangnya juga seorang bidan.

Untuk mendukung pelayanan bidan, Pemerintah Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Kesehatan, dalam waktu dekat akan memberikan  bantuan kepada 21 Puskesmas di Kutim, berupa kendaraan roda dua untuk bidan. 

"Semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik. Serta bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras," ucap Haryati.

Lebih lanjut Haryati berharap, semua peserta diharapkan dapat mengikuti dengan baik. Sebab kegiatan seperti jarang bisa dilaksanakan. Ia juga memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD Sangkulirang yang telah mempunyai mempunyai program kegiatan lokakarya tersebut.

Sementara Ketua panitia, Zakiatul Fadlillah,nSKM-l yang juga seoranh Penyuluh Kesehatan Masyarakat RSUD Sangkulirang mengatakan Lokarkarya itu untuk wilayah sangkulirang, pertama kalinya dilaksanakan. 

"Alhamdulillah acara kedua dari rangkaian HUT RSUD Sangkulirang yang ke-2 berupa lokakarya sehari ini lancar Sudah cukup sukses. Walaupun terdapat kekurangan dalam fasilitas. Semoga kedepannya dapat terlaksana lagi kegiatan promosi kesehatan ini dengan sasaran yang berbeda yaitu masyarakat umum sehingga tidak hanya meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan saja tetapi masyarakat juga," ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan itu diikuti sebanyak 97 peserta. Dengan target 100 berasal dari bidan dan perawat Puskesmas terdiri dari Puskesmas Telen, Batu Ampar, Sandaran,Karangan,Kaubun,Kaliorang Sangkulirang. Dari Puskesmas Perusahaan yakni PT.  MPI Peridan,  PT. SKP, PT. TAL,  PT.  IPS,PT.Hanujaya. Sedangkan dari Puskesmas Pembantu (Pusban) yaitu Pusban Kolek,  Sempayau,  Maloy,  Bual-Bual, Sangkulirang. Serta Bidan praktek Mandiri,  dan PPKB. 

"Peserta antusias, banyak yang bertanya saat sesi tanya jawab. Bahkan ada peserta yang membawa anak serta suami agar tetap hadir di acara ini. Ini menunjukkan antusias peserta sangat tinggi," ungkap Zakiatul.

Lebih jauh Zakiatul menerangkan ada beberapa maksud dan tujuan agar, Tenaga kesehatan  bidan dapat memberikan pelayanan antenatal care yang terfokus,  persalinan yang aman serta perawatan nifas yang komprehensif. Memberikan penatalaksanaan hipertensi dalam kehamilan secara tepat, mencegah terjadinya HPP dan siap memberikan tata laksana jika HPP terjadi, membantu dalam promosi dan preventif terhadap kanker serviks dengan meningkatkan kemampuan deteksi dini lewat vaksinasi dan IVA atau pap smear.

"Tenaga kesehatan khususnya bidan desa dapat melakukan pertolongan bayi baru lahir yang standar dan melakukan perawatan bayi baru lahir sampai usia 28 hari dengan baik," tuturnya. 

Dalam Lokakarya kali ini, RSUD Sangkulirang mendatangkan dr. Wahyudi Wirawan,M.Biomed.Sp.OG (Spesialis Kandungan dan Kebidanan)  dan dr. Joko Kurniawan, M. Sc. SpA (Spesialis Anak) serta dari RSUD Sangkulirang Tenaga WKDS. (hms15)


Berita Terkait



58 Peserta Berebut jadi yang Terbaik

SANGATTA- Pelaksanaan lomba...

Rabu, 24 Juli 2013 10:58:50

Lomba Penulisan Otda antar Pelajar di Manado

BERSAMA. Pemenang sayembara...

Rabu, 24 Juli 2013 11:02:12

Empat Orang Gepeng Diamankan

DITANYA. Anggota Satpol PP ...

Kamis, 25 Juli 2013 10:10:57

KPP Maksimalkan TPA Batota

SANGATTA- Tempat Pembuangan...

Kamis, 25 Juli 2013 10:14:58