SANGATTA – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwilayah Pusat Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) masih kesulitan listrik. Selama ini Pemkab Kutim hanya menyuplai listrik dari Generator Set (Genset) milik Pemkab Kutim.

Selain itu, penggunaan genset yang terbatas, ditambah terjadinya kerusakan menjadi kendala bagi OPD untuk bekerja maksimal. Akibatnya banyak peralatan elektronik milik OPD mengalami kerusakan, seperti AC, komputer dan lain-lain.

Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim, Irawansyah mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan terpasangan jaringan listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di wilayah Pusat Perkantoran Pemkab Kutim.

Tahap awal pemasangan jaringan listrik PLN, dimulai pada Kantor Bupati Kutim dan beberapa instansi disekitarnya. Seperti, Sekretariat DPRD Kutim, Gedung Serba Guna (GSG) dan termasuk Markas Lanal Sangatta, Kodim 0909 Sangatta serta Masjid Agung. Tidak hanya itu, RSUD Kudungga juga akan mendapatkan pasokan listrik PLN.

Setelah listrik PLN ke Bukit Pelangi terpasang, seluruh OPD tentunya tak perlu khawatir dengan pemadaman listrik. Pasalnya Genset yang digunakan akan dijadikan cadangan jika terjadi padam listrik.

“Setelah terpasangnya listrik, Genset tetap digunakan sebagai pem-back up jika mati lampu,” ucap Irawansyah.

Irawan, berharap seluruh perkantoran Pemkab Kutim yang ada di Bukit Pelangi bisa terlayani listrik PLN dan tidak mengharapkan suplai mesin genset lagi. Menurutnya, penggunaan listrik PLN akan menghemat pembiayaan pembelian BBM (bahan bakar minyak) termasuk pemeliharaan genset. (hms15)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kemah Saka, Sosialisasikan Kekayaan NKRI

Wakil Ketua Kwartir Nasional, Bidang Bela Negara Brigjen