MONITOR: Wabup Kasmidi (putih) saat menyaksikan jalannya Lomba Kadarkum tingkat Kabupaten se-Kutim. (Foto: Irfan/humas)

SANGATTA-Tingkat pengetahuan produk hukum baik itu peraturan daerah (Perda), undang-undang dan aturan hukum lainya di kalangan pelajar tergolong baik. Hal itu terlihat dari turunnya angka tawuran dan penggunaan obat terlarang dikalangan pelajar.

“Sejauh ini para pelajar dan kalangan remaja yang sudah bekerja cukup baik dalam memamahami produk-produk hukum yang berlaku, seperti Perda,” ujar Wabup Kasmidi saat membuka Lomba Kesadaran Hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten se-Kutai Timur (Kutim) gelaran Bagian Hukum Setkab Kutim di Ruang Meranti Kantor Bupati, Jumat (28/12/2018).

Kasmidi mengungkapkan, perlombaan berkonsep cerdas cermat ini sebagai salah satu upaya Pemkab Kutim dalam mensosialisasikan pemahaman tentang hukum kepada pelajar yang merupakan generasi penerus.

“Melalui kegiatan seperti ini, secara tidak langsung mereka akan belajar memahami dan memperdalam tentang hukum. Selanjutnya saya harap muncul duta sadar hukum mewakili Kutim ke jenjang selanjutnya yaitu Provinsi bahkan bisa lebih baik ke level nasional. Duta Kutim bisa berbicara di pentas tertinggi dalam menjawab pengetahuan hukum,” jelasnya.

Kasmidi menambahkan lewat lomba ini juga akan muncul duta-duta sadar hukum di kalangan pelajar yang akan mendorong pelajar lainnya untuk menjadi pelajar yang taat hukum serta bisa mengetahui urusan hukum baik tentang Undang-Undang (UU) Pusat juga Daerah.

Untuk diketahui Lomba Kadarkum ini diikuti sebanyak 11 Kecamatan seperti Rantau Pulung, Karangan, Sangatta Selatan, Bengalon, Muara Wahau, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Teluk Pandan, Telen, Busang, dan Muara Ancalong.

Panitia menghadirkan juri langsung berasal dari Kementerian Hukum dan HAM Prita Sirait, perwakilan bagian hukum Provinsi Kaltim yaitu Rima Kumari dan Raden, serta Kanwil Kemenkumham yaitu Malik Ibrahim. Satu peserta Lomba Kadarkum diisi 4 peserta dalam 1 tim yang sudah disediakan tombol jawaban. Lomba dimulai dari babak penyisihan hingga final.(hms13)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jajaran PT Pertamina EP Sangatta Sowan Ke Bupati – Bahas Kesejahteraan Warga, Sekaligus Silaturahmi

Suasana hangat pertemuan Bupati Ismunandar bersama pimpinan petamina