SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) untuk kesekian kalinya menjadi rujukan daerah lain sebagai tempat belajar. Kali ini Kota Palopo yang berkunjung ke daerah “Tuah Bumi Untung Benua” (slogan Kabupaten Kutim) untuk menimba ilmu dan berbagi. 

Malam ramah tamah Wakil Bupati bersama Wakil Walikota Palopo di rujab Wakil Bupati

Rombongan pejabat Kota Palopo yang dipimpin Wawali Palopo Rahmat Masri Bandaso disambut Wabup H Kasmidi Bulang dalam suatu malam welcome party sekaligus jamuan makan malam di Bukit Pelangi, Kamis (31/1/2019).

Keesokan harinya Jumat (1/2/2019) dilanjutkan dengan pertemuan di Kantor Bupati. Pertemuan dipimpin Kadistan Kutim Sugiono didampingi beberapa pejabat lingkup Pemkab Kutim lainnya.

“Alhamdulillah Kutim kembali dijadikan tujuan daerah lain untuk berbagi pengalaman. Khususnya untuk bidang-bidang yang memang telah cukup berkembang baik di daerah ini. Seperti sektor pertanian dalam arti luas,” kata Kasmidi mewakili Bupati Kutim H Ismunandar dimalam penyambutan.

Namun menurut Kasmidi, tak hanya agribisnis yang bisa dipelajari dari Kutim. Karena ada pengelolaan program kolaborasi coorporate social responsibility (CSR) perusahaan melalui Forum MSH CSR hingga hal-hal lainnya.

Sementara itu Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso merasa sangat bahagia dengan sambutan hangat dari Pemkab Kutim. Apalagi ditambah kunjungan ke menara sembilan puluh sembilan Asma’ul Husna ikon Masjid Al-Faruq Komplek Islamic Center Kutim. Serta juga berkunjung ke PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Wakil Walikota Palopo Rahmat Mb Memberikan sambutan di ruangan Arau
Wakil Walikota Palopo Rahmat MB memberikan sambutan dihadapan Wabup Kutim H Kasmidi Bulang dan pejabat Kutim di ruangan Arau

“Kami tidak menyangka mendapat sambutan yang luar biasa,” sebut Rahmat diruang Arau Kantor Bupati.

Dijelaskan olehnya, tujuan kunjungan kerja yang dilakukan olehnya beserta rombongan DPRD Palopo adalah mendapatkan inspirasi dan ingin belajar dari pengalaman Kutim. Banyak hal yang tentunya nanti dapat diimplementasikan setelah kembali dari Kutim ke Palopo.

“Salah satunya sektor (pengelolaan) pertanian hingga distribusi pupuk bersubsidi. Kutai Timur memberikan inspirasi bahwa banyak hal yang dipelajari,” kata Rahmad.

Rahmat berharap, hasil kunjungan kerja dari Kutim kali ini dapat membuat Palopo melangkah lebih jauh dalam pembangunan sektor pertanian. Sehingga kedepan menjadi kawasan agropolitan serta bisa mengembangkan sektor perternakan. (hms7)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bupati Buka MTQ Expo di Tengah Guyuran Hujan

Bupati Ismunandar bersama Sekretaris Kabupaten, Irawansyah beserta rombongan