RENCANA PROGRAM: Trio pucuk pimpinan Pemkab Kutim dari Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi, dan Seskab Irawansyah bersiap mengawal Musrenbang 2019. (Foto: Irfan humas)

SANGATTA – Pemkab Kutim awal pekan depan kembali akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Agenda tahunan, untuk mendiskusikan program 2019 ini dijadwalkan Senin (18/2/2019) hingga Sabtu (23/2/2019). Kegiatan ini berlangsung berturut-turut dalam tiga tahun kepemimpinan duet Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang (Ismu-KB). Kali ini unsur pimpinan Pemkab kembali terjun ke lapangan mengawal sasaran program terutama dalam perencanaan pembangunan infrastruktur, air bersih, jalan, hingga listrik di 18 kecamatan di Kutim.

Sesuai jadwal, Ismu-KB akan bertandang ke kecamatan-kecamatan yang dibagi dalam tiga zona yaitu pesisir dan pedalaman dan kota. Khusus zona kota akan dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah. Tur Musrenbang Pemkab menggandeng Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim, Polres Kutim, Dishub, Syahbandar, Camat, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Untuk bersama turun dengan berbagi tugas dalam musyawarah berkonsep dialog interaktif atau sesi tanya jawab.

“Kegiatan Musrenbang utamanya mendeteksi secara dini apa yang menjadi persoalan atau masalah yang sedang dihadapi di desa-desa yang ada di Kecamatan. Harus ada tindak lanjut dari perencanaan pembangunan yang telah disampaikan pada saat musrenbang seperti ini. Semua persoalan dapat diselesaikan fokus dan tuntas. Dengan cara berkerja sama dan bergerak cepat melalui program yang tepat sasaran,” tegas orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setkab Kutim Iman Sujono Lutfi mengatakan Musrenbang menjadi salah satu barometer melihat fokus program Kutim memajukan pembangunan di desa-desa. Semua agenda Musrenbang sudah disusun sesuai jadwal dan diimbau semua warga Kutim juga turut menyukseskan kegiatan ini. Tidak hanya dialog dalam musrenbang, kegiatan lain juga digelar.

“Bupati Ismunandar akan hadir di zona pesisir meliputi 5 kecamatan. Yaitu Di Desa Marukangan Kecamatan Sandaran, peninjauan Jalan Desa Pengadan-Karangan Dalam, Pelantikan BPD Baay dan Musrenbang di Aula Desa Pengadan Kecamatan Karangan. Dilanjutkan Musrenbang di Gedung Serbaguna Kecamatan Sangkulirang, Musrenbang di BPU Desa Citra Manungga Jaya SP 3 Kecamatan Kaliorang, dan ditutup di Musrenbang di Balai Desa Bumi Etam Kecamatan Kaubun,” terang mantan Kasubag Pemberitaan tersebut.

Selanjutnya agenda Wakil Bupati Kasmidi Bulang menuju zona pedalaman. Terbagi dalam 9 kecamatan seperti Musrenbang di BPU Kecamatan Rantau Pulung, Musrenbang di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar, Musrenbang di BPU Kecamatan Muara Ancalong, Musrenbang di Gedung PNPM Kecamatan Muara Bengkal dirangkai dengan Pelantikan Mabiran dan Kwaran Pramuka. Selanjutnya Musrenbang di BPU Sumber Sari SP 4 di Kecamatan Long Mesangat, Musrenbang di Balai Desa Long Lees Kecamatan Busang. Dilanjutkan Musrenbang di Desa Marah Haloq Kecamatan Telen dirangkai dengan peresmian Pollindes. Hari terakhir menuju Musrenbang di GSG Desa Makmur Jaya SP 3 Kecamatan Kongbeng, dan ditutup Musrenbang di BPU Kecamatan Muara Wahau.

Untuk Zona Perkotaan, Seskab Irawansyah berbagi diskusi di Musrenbang Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, dan Bengalon.

Imam menambahkan kegiatan musrenbang sesuai intruksi Bupati Ismunandar. Setelah pelaksanaan tingkat kecamatan harus menyusun daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) sebagai dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kutim tahun 2019. (hms13)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bupati Buka MTQ Expo di Tengah Guyuran Hujan

Bupati Ismunandar bersama Sekretaris Kabupaten, Irawansyah beserta rombongan