FOKUS: Suasana dialog musrenbang di kaliorang, Camat Simon Salombe bersama 7 kades saling berbagi diskusi. (Foto: Irfan humas)

KALIORANG – Sesuai dengan arahan Bupati Kutim Ismunandar, Kepala Bappeda Edward Azran menjelaskan seiring makin dekatnya pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantam (MBTK), tentunya akan berdampak multiplier efek pembangunan. Untuk itu Kaliorang disiapkan menjadi pusat lintasan poros nadi perekonomian nasional.

“Lintasan poros Kaliorang banyak dilalui kendaraan yang mengangkut sawit serta batu bara. Efeknya denyut nadi memompa pertumbuhan ekonomi. Serta laut sepanjang pantai Sekerat menjadi lalu lalang kapal-kapal besar. Sebuah gambaran roda perdagangan produk daerah (pasti) semakin menggeliat,” jelasnya.

Edward memaparkan, memang saat ini kondisi jalan poros Kaliorang sebagian bagus, tetapi sisanya rusak cukup parah, statusnya jalan provinsi. Sehubungan hal itu, Edward mengaku pihaknya tengah berkoordinasi dengan perusahaan sawit maupun tambang batu bara untuk mengerahkan dana CSR-nya. Guna mem-back up perbaikan sekaligus peningkatan jalan. Sambil menanti program pembangunan dari sumber lainnya.

Ide dimaksud dicetuskan Edward saat berdialog dengan 7 kepala desa (kades), undangan perusahaan, dan tokoh masyarakat di Lapangan Desa Bumi Sejahtera, Rabu (20/2/2019). Selanjutnya untuk Kaliorang dari catatan Edward, ada 119 usulan kegiatan dari 7 desa, totalnya mencapai Rp 46 Miliar.

Foto lain, Bupati Ismunandar menyaksikan penandatanganan berita acara.
(Foto: Irfan humas)

Camat Kaliorang Simon Salombe yang baru saja dilantik langsung mengusulkan beberapa poin usulan prioritas. Yaitu perbaikan jalan poros Kaliorang yang sudah dilewati selama dua tahun ini, salah satunya menuju Desa Bumi Sejahtera. Tidak hanya itu dirinya juga merangkum usulan para kades dalam skala prioritas.

“Kondisinya memang sudah cukup memprihatinkan, sebab jalan ini akses utama aktivitas warga Kaliorang. Jika tahun ini terealisasi mendapatkan bantuan anggaran secepatnya jalan ini di cor (semeninsasi),” terangnya. (hms15)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

31 Penari Tampil Memukau di Pembukaan MTQ XV – Pentaskan Tari Kolosal Millennial Bertaqwa

HIBURAN: Penampilan puncak Tarian Kolosal Millennial Bertaqwa memeriahkan