Plt Kadis Disdik membuka acara Pramuka Fun Camp. (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA– Sebanyak 667 siswa-siswi SMPN 1 Sangatta Utara ramaikan Pramuka Spantara Fun Camp, Jumat (8/3/2019). Agenda kemah ini merupakan gelaran Kwarcab Kutai Timur (Kutim). Dilaksanakan selama tiga hari, dari Jumat (8/3/2019) hingga Minggu (10/3/2019). Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau mewakili Ketua Kwarcab Kutim H Kasmidi Bulang.

Roma Malau dalam arahannya meminta agar seluruh siswa-siswi terus bersemangat saat mengikuti Fun Camp. Tujuan kemah ini juga sekaligus untuk mendidik siswa khususnya pramuka agar menjadi lebih mandiri.

“Displin, toleransi, berkualitas, bermatabat dan berkarakter. Karena semua itu ada dalam Dasa Darma Pramuka. Sehingga mengikuti Fun Camp Pramuka ini tidak sia-sia, ada yang dibawa pulang seperti terlihat sikap hormat kepada yang lebih tua dan sekitar,” terangnya.

Plt Kadis Disdik Roma Malau memberikan tanda perserta Fun Camp.(Foto: Wahyu Humas)

Roma menambahkan, hal ini penting ditanamkan dalam kepramukaan sehingga Pramuka memiliki kualitas dan karakter. Sebab, Pramuka dituntut menjadi panutan di sekolah dan diluar. Satu sama lain harus menghargai dan menyayangi. Roma menganggap seluruh peserta Fun Camp adalah siswa teladan terbaik, khususnya lingkup SMPN 1 Sangatta Utara.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Sangatta Utara Sukartini menegaskan semua kegiatan Pramuka wajib diikuti oleh siswa-siswi sekolah yang dipimpinnya. Menurut dia, Pramuka itu melatih kedisplinan. Apalagi norma kehidupan terangkum dalam Dasa Darma Pramuka.

“Mulai dari taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai rajin, terampil, suci dalam perbuatan dan perkataan. Pramuka itu wajib di SMPN 1 Sangatta Utara,” jelas Sukartini usai pembukaan kegiatan Pramuka Spansatara Fun Camp.

Sukartini menambahkan tujuan utama kegiatan ini adalah membentuk karakter anak menjadi displin dalam kehidupan sehari-hari. Serta memberikan edukasi mengenalkan suasana alam terbuka kepada siswa-siswa. Ia juga menjamin persiapan lahan sebelum kegiatan dipastikan Clear Area. Mulai dari merintis lahan hingga di fogging menjaga anak-anak, agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Roma Malau bersama Kepsek SMPN 1 Sangatta Utara
Sukartini. (Foto: Wahyu Humas)

Senada, panitia acara, Muammar, mengatakan antusias dalam pelaksanaan Fun Camp menjadi tolok ukur dan evaluasi setiap kegiatan tingkat Kabupaten, Nasional hingga Internasional.

“Selama ini kan mereka latihan-latihan, jadi ini sebagai tempat evaluasi dan tolok ukur kemampuan dalam kreativitas mereka,” ujar Muammar.

Muammar menambahkan dalam Fun Camp ini banyak sekali lomba-lomba dimainkan. Mulai dari Go Talent, Battle yel-yel dan tradisional games. Berlatih dan bernyanyi sekaligus penyeragaran otak siswa dari kesibukan belajar dan penat dilingkungan sekolah. (hms7)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Harga Daging Ayam Merangkak Naik – Jelang Akhir Tahun Dan Perayaan Natal

Suasana jual beli di Pasar Induk Sangatta Utara.(foto: