CSR PENDIDIKAN: General Manager Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field Irwan Zuhri menyerahkan secara simbolis bantuan komputer ke Bupati Ismunandar. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan melihat langsung laboratorium komputer yang akan digunakan dalam UNBK.  (Foto: Irfan humas)

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar menekankan setiap perusahaan wajib menyumbangkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kesejahteraan rakyat di wilayah kerja masing-masing. Hal itu lumrah, sesuai dengan aturan dari Kementerian ESDM. Ungkapan itu disampaikan Bupati dalam sambutan singkatnya dalam program bantuan CSR Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field yaitu pusat pembelajaran masyarakat dalam pengembangan kemampuan teknologi informatika komputer di SMPN 2 Sangatta Selatan, Senin (11/3/2019).

“Tahun 2019 adalah era digitalisasi, semua serba komputer. Kutim sudah menuju era Smart City diharapkan semakin maju dalam penerapan teknologi, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kedepan, saya harapkan dari anak-anak SMPN 2 Sangatta Selatan ini menjadi pelajar handal dalam membangun skill (kemampuan) dalam bidang IT (Information Technology). Pelajar Kutim tidak tertinggal dengan wawasan komputer, manfaatkan momen ini. Disisi lain jika kelak lulus bisa menjadi Sarjana IT untuk mengisi SDM di Dinas Kominfoperstik,” kata Ismu.

Untuk diketahui, Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field menyerahkan 21 unit komputer portable untuk SMPN 2 Sangatta Selatan dalam bentuk sarana pendukung laboratorium komputer yang berada di Lantai 2. Kegiatan itu kerjasama Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field dengan Balai Taman Nasional Kutai (TNK). General Manager Pertamina EP Asset 5 sangatta Irwan Zuhri secara simbolis menyerahkan bantuan ke Bupati Ismunandar selanjutnya diberikan ke pelaksana tugas (Plt) Kadisdik Roma Malau disaksikan Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi Syaifudin, perwakilan Komisi VII DPR RI Ihwan Datu Adam, Kepala SMPN 2 Sangatta Selatan Setiono, dan Camat Sangatta Selatan Hasdiah.

General Manager Pertamina EP Asset 5 sangatta Irwan Zuhri mengatakan, bantuan komputer tersebut untuk sarana laboratorium komputer di SMPN 2 yang akan digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2019.

“Ini sejarah, untuk pertama kalinya di SMPN 2 tahun ini akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” sebutnya.

Tidak hanya itu, bantuan ini juga dapat dimanfaatkan oleh seluruh sekolah dasar, sekolah menengah dan menjadikan komputer laboratorium di SMPN 2  sebagai pusat Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dan seluruh anggota masyarakat. Sekolah-sekolah dapat mengaktifkan kembali ekstrakurikuler Teknologi Informatika Komputer untuk mengenalkan cara pengoperasian Microsoft Office kepada siswa-siswi dan digunakan untuk browsing materi pelajaran. Pihak pemerintahan desa pun dapat turut memanfaatkan sarana ini untuk pelaksanaan pelatihan pembuatan laporan anggaran atau edukasi dalam mendukung kompetensi Karang Taruna. Misalnya pelatihan desain grafis, yang tentu saja pelaksanaannya disesuaikan dengan kegiatan sekolah di SMPN 2. Dikatakannya, bantuan tersebut, sebagai bukti komitmen dalam upaya mencerdaskan siswa-siswi dan masyarakat, Pertamina EP Asset 5 berkolaborasi dengan Balai TNK, melalui Program yang diusulkan dan disetujui oleh SKK Migas.

“Dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dituntaskan, besar harapan kami seluruh jajaran pemerintah pusat, kabupaten, kecamatan, desa dan tentunya masyarakat dapat mendukung program dan kegiatan operasional Pertamina EP. Agar kami dapat menjalankan program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan dengan lancar dan maksimal serta hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Selanjutnya sumbangsih diharapkan ini mampu meningkatkan kompetensi para generasi muda. Sehingga dapat menjadi pribadi-pribadi yang sehat, berwawasan luas dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun Kecamatan Sangatta Selatan, bahkan Kabupaten Kutim. Melalui momen ini, Pertamina EP mengajak pemerintah beserta instansi, perusahaan, jurnalis dan masyarakat untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah. (hms13)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KPC The Best CSR di CNBC Indonesia Award

PRESTASI: Momen manajemen KPC saat menerima piala penghargaan