SANGATTA – Suroto mengakui hampir semua sekolah tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Sangatta, sudah mengunjungi Pondok Kelinci yang dibuka sejak tahun 2018 itu. Hal ini diungkap, Pria parubaya yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tengah menjabat Sekretaris Dewan, di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), saat disambangi awak media, pada acara kunjungan lapangan Pokja III, dalam rangka peringatan Hari Gerak Kesatuan  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-47 di Kutim ini.

“Setahun tahun yang lalu, Pondok Kelinci ini sudah dibuka bagi masyarakat umum. Terutama anak-anak kita yang PAUD maupun TK, sebagai Taman Edukasi. Jadi, hampir semua sekolah yang ada di Sangatta, sudah mengujungi Pondok Kelinci ini,” ungkap Suroto yang mengenakan kaos merah ini.

Suroto menceritakan, awalnya lahan seluas satu hektare miliknya itu, ditanam dengan berbagai tanaman sayur-sayuran dan buah-buah, seperti bawang, tomat, pisang dan lain sebagainya.  Muncul ide untuk menjadikan tempat itu sebagai Pondok Kelinci sambung Suroti, bermula dari ide anaknya yang beternak kelinci.

“Anak saya yang punya ide untuk ternak kelinci ini, awalnya diternak sebanyalk 50 ekor dikandang 4×4 meter saja. Ternyata berkembang pesat, sehingga timbul lagi ide untuk membuat sate kelinci, sehingga kita buka restaurant kelinci disini,” ujarnya.

Seiring berjalan waktu, tidak hanyan kelinci yang dikembangbiakan, namun termasuk bintang lainnya, seperti kucing, burung, ayam, kambing dan masih banyak yang lainnya. Dari ternak kambing, ternyata banyak kotoran yang dihasilkan, yang dirinya manfaatkan untuk mnjadi pupuk organik.

“Banyak kotoran kambing dan ini saya manfaatkan untuk memupuk tanaman yang ada disini,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan Suroto, melihat potensi pupuk, dirinya pun menanam jambuh Kristal, yang bertumbuh dengan baik dan bias dipanen setiap minggunya. Alasan menanam buah jambu itu, meurutnya, karena jambu tidak mengenal musim dan kurang lebih tiga tahu (sudah bias dipanen.

Sebagi informasi, tiket masuk ke Pondok Kelinci sebesar Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Pondok Kelinci senagi tempat yang cocok untuk memperkenalkan bebagai macam bintang kepada anak-anak, karena cukup lengkap jenis binatang yang ada ditempat tersebut. (hm15)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kafilah MTQ Mulai Ikuti TC – Ismu Bangga, Mayoritas Asli Kutim

Saat Bupati H Ismunandar memberikan sambutan sekaligus membuka